Apa itu Pengertian, Fungsi Geomembrane HDPE

geomembrane hdpe pengertian dan fungsi - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Halo sobat Geoteknik, untuk mengenal lebih jelas tentang geomembrane, yuk kita pelajari apa itu pengertian, fungsi Geomembrane HDPE di blog CV. Mutu Utama Geoteknik.

Apa itu Geomembrane HDPE ?

Geomembrane HDPE adalah salah satu jenis material geosintetik yang dibuat dari bahan resin HDPE (High Density Polyetylene) kelas tinggi, sehingga memiliki kelenturan dan daya tarik yang kuat.

Keunggulan Geomembran HDPE

Geomembran yang terbuat dari bahan HDPE memiliki berbagai keunggulan dibanding dengan bahan lainnya. Apa saja keunggulan tersebut simak selengkapnya dibawah ini.

1. Tahan terhadap air dan korosi

Geomembran dengan bahan HDPE sering digunakan untuk material pembuatan kolam yang berisi zat cair. Karena bahan HDPE tahan terhadap rendaman zat cair, seperti air tawar dan asin, limbah dan zat cair lainnya.  Aplikasinya digunakan dalam pembuatan kolam ikan, kolam tambak udang, kolam limbah dan lainnya.

2. Material tahan panas

Bahan HDPE memiliki sifat yang elastis namun kuat dan tahan panas, sehingga material ini sangat direkomendasikan untuk segela kebutuhan pembuatan kolam zat cair di ruang terbuka.

3. Tidak mudah sobek dan tahan benturan

Selain tahan panas, geomembran yang menggunakan bahan HDPE sangat kuat terhadap benturan atau gesekan terhadap material lainnya. Selain itu, bahan ini juga memiliki daya lentur yang baik dan kuat yang menjadikannya tidak mudah sobek dan tergores.

Tahapan Pemasangan Geomembrane

Sebelum melakukan pemasangan geomembrane harus dimulai dari persiapan awal berdasarkan gambar kerja yang berisi perancangan geoteknik. Kemudian barulah ketahapan pemasangan geomembrane di lapangan yang meliputi proses instalasi, pengujian dan pemeriksaan. Proses tersebut bisa Anda pelajari selengkapnya di bawah ini.

1. Proses Pemeriksaan Tanah

Tahap pertama, persiapan lokasi dan area kerja pemasangan harus dipersiapkan dengan baik, melalui tahapan pemeriksaan kontur tanah dan batuan. Jika perlu tanah yang lembek harus di isi atau digantikan dengan material yang lebih baik kemudian dipadatkan.

2. Tahapan Penggalian Tanah

Kemudian tahapan yang kedua yaitu pencocokan gambar kerja dengan area kerja yang sebenarnya di lapangan harus disesuaikan. Mana saja yang perlu digali, dibuat lereng atau bagian mana saja yang dibuat melengkung. Tahapan ini harus disesuaikan juga dengan gambar proyek sehingga pemasangan akan lebih mudah.

3. Membentangkan Geomembran

Proses selanjutnya adalah menghamparkan atau membentangkan material geomembrane pada area kerja. Gunakan standar pengerjaan yang baik sesuai SOP untuk mendapatkan hasil pemasangan yang baik.

Penjelasan diatas mulai dari pengertian, fungsi, keunggulan hingga proses pemasangan geomembran merupakan informasi yang kami rangkum melalui berbagai sumber. Mudah-mudahan dari penjelasan singkat tersebut Anda bisa lebih mengerti dalam mempelajari apa itu geomembran dan fungsinya.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari kontraktor jasa pemasangan geomembrane sekaligus supplier geomembran untuk berbagai kebutuhan dilapangan. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik melayani jasa konsultasi teknis gratis sekaligus penjualan produk geomembrane hdpe yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk mengetahui lebih detail tentang produk geomembran silahkan kunjungi halaman produk geomembrane HDPE kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?