Aplikasi Geomembrane Pada Metode Vacuum Consolidation (VCM)

Aplikasi Geomembrane Pada Metode Vacuum Consolidation (VCM)

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geomembrane pada Metode Vacuum Consolidation (VCM) untuk Lapisan Kedap agar mempercepat proses pengerjaan pemadatan tanah lebih maksimal.

Metode Vacuum Consolidation (VCM)

Metode Vacuum Consolidation atau juga disebut Teknologi VCM adalah salah satu teknologi alternatif untuk memperbaiki tanah lempung lunak jenuh air. Cara kerja dari teknologi VCM yaitu dengan cara menghisap air dalam tanah menggunakan pompa vakum melalui Pefabricated Vertical Drain (PVD).

PVD atau Prefabricated Vertical Drain adalah sistem drainase buatan yang diletakkan secara vertikal pada lapisan tanah lunak. Pada umumnya PVD adalah bahan sintetis cetakan untuk drainase. Bahan tersebut terdiri atas dua komponen, yaitu material penyaring berupa Geotextile Non Woven untuk membuat aliran air masuk dengan mudah ke dalam pori – pori tanah, kemudian plastik inti drainase (plastic drain core) yang berfungsi sebagai media pengumpul dan penyalur air.

Aplikasi  Geotextile, penggunaan material Geomembrane juga dibutuhkan dalam metode vacuum consolidation. Apa saja kegunaan Geomembrane pada proyek konsolidasi tanah dengan menggunakan metode vacuum consolidation, simak penjelasannya pada gambar skema kerja  Metode Vacuum Consolidation, berikut ini:

Pada gambar diatas, Geomembrane digelar di atas permukaan tanah yang berfungsi sebagai penutup atau pelapis kedap air yang bertujuan untuk mempercepat proses konsolidasi tanah.

Berikut video dokumentasi pemasangan Geomembrane pada proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya oleh Hutama Karya via Youtube.

Keunggulan Geomembrane untuk Pelapis Kedap Teknologi VCM

Selain digunakan untuk pelapis kedap air dan gas diberbagai proyek lainnya, Geomembrane yang digunakan pada proyek konsolidasi tanah ini memiliki keunggulan utama diantaranya.

  1. Geomembrane memiliki impermeabilitas yang tinggi (Kedap Air dan Udara).
  2. Material geomembrane juga tahan terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).
  3. Geommembrane sangat tahan terhadap berbagai jenis zat kimia.
  4. Material ini sangat mudah dalam pengalipkasiannya dan mudah dalam perbaikan.
  5. Geomembrane dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena sangat awet.

Demikian informasi terkait dengan aplikasi geomembrane pada proyek Vacuum Consolidation tanah untuk berbagai proyek. Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier geomembrane melayani penjualan, pengiriman dan jasa instalasi geomembrane untuk proyek Anda di seluruh Indonesia.

pemasangan geomembrane untuk Metode Vacuum Consolidation

Hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami atau klik banner diatas, terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?