Bangunan Pelindung Pantai Dengan Teknologi PEGAR Geobag

Bangunan Pelindung Pantai Dengan Teknologi PEGAR Geobag

Bagikan Artikel Ini:

Bangunan pelindung pantai dengan Teknologi PEGAR menggunakan Geobag memiliki banyak keunggulan untuk mengatasi abrasi pantai yang diakibatkan oleh gelombang laut.

Definisi Bangunan Pelindung Pantai

Dikutip dari Jurnal Balitbang Kementerian KKP, Bangunan pelindung pantai adalah infrastruktur yang dibangun di garis pantai yang berfungsi sebagai pengaman pantai. Bangunan ini berfungsi untuk mengurangi besarnya gelombang yang sampai di pantai. Salah satu contoh bangunan pengaman pantai yaitu PEGAR menggunakan Geobag yang dikategorikan untuk pemecah gelombang (Breakwater).

Teknologi PEGAR Menggunakan Geobag

PEGAR adalah singkatan dari teknologi pemecah gelombang ambang rendah. Teknologi ini menjadi solusi untuk pembangunan revetment pantai. Menurut Kementerian PUPR, penerapan teknologi ini menjadi salah satu solusi untuk permasalahan dan pengendalian abrasi pantai.

Sebagai informasi, PEGAR juga menjadi salah satu jenis bangunan pengaman pantai yang dikategorikan dan berfungsi untuk pemecah gelombang. Untuk mengetahui berbagai jenis bangunan untuk pengaman pantai lainnya, yang kami kutip dari Modul Pengenalan Bangunan Pantai SIMANTU Kementerian PUPR, silahkan baca di halaman artikel berikut Jenis dan Fungsi Bangunan Pelindung Pantai.

Fungsi PEGAR Menggunakan Geobag

Bersumber dari Berita Kementerian PURR, Teknologi PEGAR ini diinisiasi OLEH Dede Manarolhuda Sulaiman yang merupakan salah satu contoh produk riset Kementerian PUPR yang berfungsi mengurangi erosir, abrasi dan akresi pada pesisir pantai akibat perubahan dinamika garis pantai.

PEGAR berfungsi melindungi pantai dari abrasi yang disebabkan oleh pasang surut air laut atau gelombang laut, fungsi PEGAR lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk Peredam Energi Gelombang (Breakwater) sehingga energi gelombang akan mengecil setelah melewati puncak PEGAR sebelum mencapai pantai.
  2. Bangunan PEGAR juga akan memecah gelombang sekaligus melemahkan energi gelombang tersebut.
  3. Bangunan tersebut juga membantu untuk menahan dan mengendapkan sedimen yang terbawa oleh gelombang.

Keunggulan Geobag untuk PEGAR

Dikutip dari artikel kami sebelumnya yaitu tentang pembahasan Teknologi PEGAR, ada banyak keunggulan maupun keuntungan dalam pembuatan bangunan pelindung pantai menggunakan teknologi PEGAR dengan Geobag ini, diantaranya yaitu:

  1. Biaya pembuatannya lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat pesisir dibandingkan dengan biaya pembuatan bangunan pengaman pantai konensional.
  2. Pengerjaannya tidak terlalu sulit bisa secara partisipasi masyarakat dan pekerja dalam proyek tersebut.
  3. Memberikan perlindungan pantai dari terjadinya erosi dan abrasi pantai yang dapat menggerus ekosistem bakau dan fasilitas publik akibat dari adanya gelombang pasang surut dan gelombang laut yang ekstrim
  4. Meningkatkan potensi penambahan sedimentasi melalui proses overtopping pada saat gelombang tinggi
  5. Memberikan perlindungan terhadap upaya reboisasi bakau.

Demikian berbagai informasi terkait dengan pengenalan bangunan untuk pengaman pantai yang salah satunya menggunakan teknologi PEGAR dengan Geobag.

Jika Anda sedang membutuhkan material Geobag untuk proyek yang sedang Anda rencakanan atau sedang berjalan, kami CV. Mutu Utama Geoteknik sebagai supplier Geobag siap membantu memenuhi kebutuhan Geobag Anda sesuai permintaan.

supplier geobag untuk bangunan pelindung pantai

Hubungi tim Marketing Engineering kami melalui halaman kontak kami, untuk bisa langsung mendapatakan permintaan harga geobag terbaru sesuai kebutuhan Anda. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?