Fungsi Geomembrane untuk Kolam Limbah

Fungsi Geomembrane untuk Kolam Limbah Stabilisasi IPAL Waste Pond - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal fungsi Geomembrane untuk material pelapis kedap air pada kolam limbah (kolam stabilisasi / waste pond). Apa itu Geombrane serta apa saja fungsi dari material tersebut, simak pada penjelasan berikut ini.

Apa itu Geomemberane ?

Sebelum  Anda mengetahui apa saja fungsi dari material Geomembrane ini, yuk kenali dulu apa itu Geomembrane. Geomembrane adalah material geosintetik yang terbuat dari bahan High Density Polyetylene (HDPE) atau Low Density Polyethylene (LDPE). Bentuk material geomembrane yaitu berupa lembaran seperti karpet dengan panjang dan lebar serta ketebalan yang beragam. Geomembrane yang umumnya digunakan untuk pelapisan kolam limbah atau kolam stabilisasi yaitu menggunakan geomembrane HDPE. Penggunaan Geomembrane pada berbagai proyek penanganan dan pengolahan limbah industri atau pabrik kini sangat dianjurkan. Karena material geomembrane dapat digunakan untuk lapisan kolam penampungan air limbah untuk proses pengelolaan, sebelum akhirnya dikembalikan lagi ke alam.

Fungsi Geomembrane untuk Kolam Stabilisasi

Dikutip dari halaman Kementerian LHK, berbagai jenis limbah berbahaya seperti limbah B3 wajib dilapisi atau tertutup material Geomembrane untuk menghindari pencemaran. Material geomembrane yang terbuat dari bahan HDPE memiliki banyak kelebihan, selain kedap air. Material tersebut juga tahan larutan zat kimia termasuk berbagai jenis limbah pabrik, industri atau rumah sakit.

1. Pelapis Kedap Air

Geomembrane yang dipasang pada kolam limbah berfungsi untuk lapisan kedap air agar kandungan limbah yang sifatnya berbahaya tidak meresap ketanah dan air disekitar. Berbeda dengan kolam limbah yang tanpa menggunakan lapisan geomembrane, tentu kandungan berbahaya pada limbah akan meresap kedalam tanah dan mencemari air dan tanah pada lingkungan kolam limbah.

2. Penahan Sinar Ultraviolet

Jika material cor beton dalam pembuatan kolam limbah pada umumnya, dalam kurun waktu tertentu akan mudah retak dan limbah mudah meresap ke tanah. Berbeda jika kolam limbah dilapisi dengan geomembrane, karena sifat geomembrane tahan terhadap sinar ultra violet maka limbah tidak mudah meresap tanah. Demikian beberapa informasi fungsi geomembrane untuk kolam limbah sebagai lapisan kedap air untuk melindungi lingkungan dari pencemaran kandungan berbahaya pada limbah. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane untuk berbagai proyek pelapisan kolam limbah atau IPAL. Kami melayani penjualan material geomembrane, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane yang menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?