Fungsi Geomembrane untuk Landfill (TPA)

Fungsi Geomembrane untuk Landfill TPA - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal fungsi Geomembrane untuk Landfill atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Apa itu Geomembrane dan bagaimana penerapan serta fungsinya untuk TPA, simak info selengkapnya di Blog CV. Mutu Utama Geoteknik.

Mengenal apa itu Geomembrane?

Geomembrane adalah material yang berupa lembaran seperti karpet, dan memiliki beragam jenis berdasarkan tipe bahan untuk pembuatan geomembrane. Umumnya produsen atau pabrik geomembrane baik lokal maupun import memproduksi jenis geomembrane HDPE dan LDPE.

Jenis Geomembrane HDPE sering digunakan untuk berbagai kebutuhan proyek sebagai lapisan kedap air. Contohnya dalam proyek pelapisan sanitary landfill atau tempat pembuangan akhir (TPA). Bagaimana penerapan serta fungsi geomembrane yang diaplikasikan pada landfill tersebut, simak penjelasan berikut.

Apa itu Landfill?

Menurut sumber yang kami kutip dari laman Kementerian PUPR, Landfill biasa juga disebut sanitary landfill atau sistem pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah bangunan yang berupa cekungan pada area yang luas. Bangunan tersebut berupa cekungan yang dalam dan luas yang berfungsi untuk menumpuk sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga.

Landfill merupakan salah satu jenis sistem pengelolaan sampah terakhir dengan cara ditumpuk dan dipadatkan. Namun untuk menghindari pencemaran air, tanah dan udara diperlukan teknologi geomembrane sebagai lapisan kedap air, untuk menghindari pencemaran lingkungan.

Bagaimana penerapan serta fungsi geomembrane pada Landfill atau TPA tersebut, berikut penjelasan fungsi dari material geomembrane tersebut.

Manfaat Geomembrane untuk Landfill

Apa saja fungsi geomembrane yang diaplikasikan pada sistem pengelolaan sampah pada Landfill? Berikut manfaat penting material geomembran untuk sanitary landfill.

1. Lapisan Kedap dan Penahan Air Lindi

Penumpukan sampah yang terus menerus pada Landill atau tempat pembuangan akhir sampah dapat menghasilkan air lindi. Di dalam air lindi terdapat berbagai senyawa organik antara lain asam sulfat, hidrokarbon, galat dan tanat.

geomembrane untuk lapisan kedap air landfill - cv mutu utama geoteknik
Geomembrane untuk lapisan kedap air landfill

Kemudian dalam air lindi juga terdapat kandungan anorganik yang terdiri dari kalsium, natrium, nitrogen, kalium, magnesium, dan beragam senyawa logam berat yang berbahaya jika masuk ke dalam tanah sehingga bisa mencemari lingkungan.

Pencemaran air dan tanah akibat air lindi tersebut dapat dihindari dengan pemasangan geomembrane pada lapisan dasar dan dinding landfill. Untuk pemilihan dan pemasangan geomembrane pada TPA diperlukan spesifikasi geomembrane yang tepat.

2. Penutup Sampah dan Penahan Biogas

Selain sebagai pelapis kedap air pada dasar dan dinding landfill, geomembrane juga dapat diaplikasikan untuk penutup tumpukan sampah pada landfill. Sebelum dilakukan penutupan, tumpukan sampah tersebut dipadatkan terlebih dahulu dengan alat berat.

Geomembrane untuk penahan biogas pada landfill - cv mutu utama geoteknik
Geomembrane untuk penahan biogas pada landfill

Kemudian barulah Landfill ditutup geomembrane untuk menahan biogas agar tidak mencemari udara. Penutupan sampah pada landfill sekaligus berfungsi untuk mempercepat pembusukan sampah, sehingga dapat dilakukan revilitasi atau penghijauan kembali pada bekas timbunan sampah pada landfill tersebut.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane untuk produk lokal dan import dengan kualitas dan harga terbaik. Kami melayani konsultasi, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman produk Geomembrane atau halaman kontak kami


supplier geomembrane hdpe harga murah - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?