Geomembrane Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penampungan Sampah

Geomembrane Teknologi Ramah Lingkungan untuk Penampungan Sampah

Bagikan Artikel Ini:

Geomembrane teknologi ramah lingkungan untuk penampungan sampah, yang diaplikasikan sebagai material pelapis kedap air. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Permasalahan Pengelolaan Sampah di Indonesia

Permasalahan pengelolaan sampah di Indonesia yaitu tingginya jumlah sampah yang dihasilkan, tingkat pengelolaan pelayanan masih rendah, dan TPA yang terbatas jumlahnya. Menurut data ADIPURA di Kementerian KLHK tahun 2019 penerapan pengelolaan sampah yang baik dan benar adalah sekitar -+49,18%.

Jumlah TPA di Indonesia yang dioperasikan secara open dumping adalah 56% dari seluruh TPA di Indonesia sehingga menimbulkan permasalahan diantaranya pecemararan lingkungan dan emisi gas rumah kaca (GRK).

Air lindi adalah suatu cairan yang dihasilkan dari pemaparan air hujan di timbunan sampah dan sangat berbahaya terhadap lingkungan karena mengandung cemaran anorganik dan senyawa logam berat.

Geomembrane untuk Solusi Teknologi Yang Ramah Lingkungan Pada TPA

Pada TPA, Geomembrane memegang peran penting sebagai pelapis kedap (impermeable layer) yang tahan terhadap cairan, bahan kimia dan sinar ultraviolet.

Kenapa harus pakai Geomembrane untuk TPA?

Geomembrane memiliki nilai permeabilitas yaitu kemampuan mengalirkan cairan yang diukur dengan tes transmisi air air berada dalam interval 1 x 10-12 hingga 1 x 10-15 m/s yang berarti tiga hingga enam tingkat besaran lebih rendah daripada tanah liat.

Sehingga penggunaan Geomembrane pada penampungan sampah untuk pelapis kedap air menjadi solusi terbaik yang ramah lingkungan untuk menghalangi air lindi dan sampah mencemari air dan tanah di penampungan sampah baik di TPA atau TPST.

Sebagai informasi, penggunaan Geomembrane pada lokasi penampungan sampah tersebut juga dikenal dengan istilah sistem Sanitary Landfill. Pada sanitary landfill biasanya menggunakan Geomembrane dan beberapa material lainnya seperti Geotextile Non Woven dan Geopipe yang juga disebut material Geosynthetic Clay Liner (GCL).

Keunggulan Geomembrane

Selain memiliki keunggulan sebagai material pelapis kedap air pada TPA atau penampungan sampah, material geomembrane juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Geomembrane memiliki impermeabilitas yang tinggi (Kedap Air dan Udara).
  2. Material geomembrane juga tahan terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).
  3. Geommembrane sangat tahan terhadap berbagai jenis zat kimia.
  4. Material ini sangat mudah dalam pengalipkasiannya dan mudah dalam perbaikan.
  5. Geomembrane dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama karena sangat awet.

Demikian informasi terkait penggunaan Geomembrane sebagai teknologi ramah lingkungan pada tempat pengelolaan atau pembuangan sampah (TPA/TPST).

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geomembrane di Indonesia menyediakan berbagai jenis Geomembrane untuk diaplikasikan pada TPA. Kami melayani konsultasi, penjualan, jasa pengiriman dan jasa instalasi geomembrane dengan teknisi dan peralatan profesional.

supplier geomembrane untuk tpa

Untuk terhubung dengan kami, silahkan hubungi Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Simak juga beberapa dokumentasi proyek CV. Mutu Utama Geoteknik pada berbagai proyek TPA/TPST di Indonesia dihalaman proyek kami.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?