Geonet: Jenis, Fungsi dan Aplikasinya untuk Drainase

Geonet Jenis, Fungsi & Aplikasinya untuk Drainase

Bagikan Artikel Ini:

Geonet atau juga dikenal dengan istilah Drainage Geocomposite adalah jenis material yang digunakan untuk lapisan sistem drainase bawah permukaan timbunanan. Seperti apa bentuk, fungsi dan aplikasi geonet untuk sistem drainase, simak penjelasan di bawah ini.

Bentuk dan Jenis Geonet

Drainage Geocomposite diproduksi dari bahan HDPE atau Polietilena berdensitas tinggi dan memiliki bentuk seperti dua lembaran karpet yang disatukan, namun  ditengahnya terdapat jaring, sehingga dinamakan Drainage Geocomposite. Material ini memiliki dua jenis saat ini, dengan ukuran serta ketebelan yang beragam.

1. Tri-planar geonet

geonet tri-planar

2. Bi-planar geonet

geonet bi-planar

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geonet tri-planar dan bi-planar terlengkap dengan beragam ukuran.

Jika Anda ingin pengadaan produk dan jasa pemasangan Drainage Geocomposite, kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geonet untuk beragam proyek di Indonesia.

Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik melalui halaman kontak kami, atau Whatsapp tim Marketing Eingineering kami.

Fungsi Drainage Geocomposite

Geonet berfungsi sebagai media lapisan sistem drainase bawah permukaan yang dipasang dibawah timbunan. Pemasangan material Drainage Geocomposite bertujuan untuk mengalirkan air diatas permukaan dengan cepat tanpa membawa material butiran tanah halus, pasir dan material timbunan lainnya. Dengan menggunakan geonet, maka tidak perlu lagi menggunakan gravel atau pasir sebagai material drainase konvesional.

Keunggulan Drainage Geocomposite

Material ini memiliki banyak keunggulan salah satu keunggulannya yaitu dengan menggunakan Drainage Geocomposite, tidak perlu lagi menggunakan gravel atau pasir. Berikut beberapa keunggulan lainnya dari material Drainage Geocomposite ini.

  1. Pemasangan mudah dan cepat
  2. Tahan terhadap bahan kimia
  3. Material tahan terhadap limbah B3
  4. Material tidak mudah korosi atau lapuk
  5. Material sangat kuat dan tahan menahan beban timbunan
  6. Memperbesar kapasitas timbunan

Aplikasi Drainage Geocomposite

Material geonet tri-planar dan bi-planar dapat dipasang diberbagai proyek pembuatan drainase bawah permukaan sesuai kebutuhanm, contohnya sebagai berikut:

  1. Lapisan drainase sanitary landfill (TPA)
  2. Drainase bawah permukaan pada lapangan olahraga (Stadion, Lapangan Golf dll)
  3. Drainase roof garden atau roof top
  4. Drainase terowongan
  5. Sistem drainase dinding penahan tanah
  6. Konstruksi drainase permukaan lereng
  7. Drainase bawah permukaan jalan, gedung dan proyek lain sesuai kebutuhan

Demikian informasi tentang material geonet dari jenis, fungsi hingga aplikasinya untuk media drainase bawah permukaan tanah sebagai pengganti gravel dan pasir, semoga bermanfaat. Terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?