Kolam Geomembrane: Fungsi dan Aplikasinya

Kolam Geomembrane Fungsi dan Aplikasinya - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal apa itu kolam geomembrane dari fungsi hingga aplikasinya pada bidang industri, perikanan, sumber daya air, dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Apa itu Kolam Geomembrane?

Kolam geomembrane adalah infrastruktur penampungan air buatan yang dibangun pada cekungan tanah dan dilapisi material geomembrane. Pelapisan geomembrane bertujuan agar air tidak meresap ke dalam tanah. Sehingga air dalam tidak akan mudah berkurang.

Fungsi Geomembrane Pada Kolam

Material geomembrane berfungsi sebagai lapisan kedap air yang dapat mencegah kebocoran air sekaligus pemisah zat cair dengan lingkungan sekitar. Saat ini geomembrane sudah banyak diaplikasikan pada berbagai infrastruktur.

Aplikasi Geomembrane

Geomembrane dapat diaplikasikan pada berbagai jenis kolam penampungan air bersih dan penampungan limbah cair. Berikut berbagai aplikasi pemasangan geomembrane sebagai lapisan kedap

1. Kolam Air Bersih

Geomembrane dipasang pada fasilitasn penampungan air bersih sebagai lapis kedap untuk menghindari kontaminasi kotoran dan pencemaran dari lingkungan sekitar.

2. Kolam IPAL

Pemasangan geomembrane pada Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) bertujuan untuk melapisi kolam stabilisasi limbah, sehingga tidak mencemari lingkungan air dan tanah sekitar.

3. Kolam Ikan

Geomembrane juga dapat diaplikasikan untuk pembuatan kolam ikan baik kapasitas sedang dan besar. Penggunaan geomembrane dapat digunakan hingga puluhan tahun, jauh lebih awet dan ekonomis dibandingkan dengan terpal plastik biasa.

4. Kolam Tambak Udang

Pada tambak udang, aplikasi geomembrane dapat digunakan sebagai lapisan kedap pada tambak agar air tetap dalam kondisi bersih tanpa tercampur lumpur dan kotoran.

5. Kolam Limbah Pertambangan

Pada bidang pertambangan, geomembrane dapat diaplikasikan pada berbagai lingkup pekerjaan tambang diantaranya Tailing Impoundments, Heap Leaching, dan Kolam Pengendapan.

6. Kolam Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Pada sektor pertanian dan perkebunan salah satu contohnya pengolahan kelapa sawit, geomembrane dapat diaplikasikan untuk mengatasi limbah kelapa sawit . Tujuannya yaitu agar limbah kelapa sawit tidak mencemari air dan tanah sekitar.

7. Kolam Limbah Cair Industri Tekstil

Pada bidang industri tekstil, geomembrane juga dapat diaplikasikan untuk lapisan kedap limbah tekstil untuk menghindari pencemaran air dan tanah.

8. Alas Tambak Garam

Geomembrane juga dapat diaplikasikan pada industri pembuatan garam laut sebagai alas tambak garam, tujuannya untuk mempercepat kristalisasi garam dan kualitas garam lebih baik.

9. Kolam Danau Buatan (Embung)

Pada bidang sumber daya air, geomembrane dapat digunakan untuk pembuatan embung atau danau buatan. Fungsi geomembrane pada embung dapat mengurangi peresapan air pada embung sehingga cadangan air saat kemarau dapat terjaga.

10. Kolam Lindi TPA (Sanitary Landfill)

Saat ini penggunaan geomembrane juga sudah dianjurkan oleh pemerintah pusat sebagai material yang wajib digunakan pada penanganan sampah di TPA atau Tempat Pembuatan Sampah Terpadu (TPST).
Aplikasi geomembrane pada TPST tersebut digunakan sebagai lapisan kedap sanitary landfill pada kolam lindi dan pelapis kedap pada landfill (alas penumpukan sampah). Tujuannya untuk melindungi air dan tanah sekitar dari pencemaran.

Sebagai informasi, jika Anda membutuhkan pengadaan material Geomembrane dan jasa pemasanga geomembrane, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geomembrane HDPE dan LDPE yang melayani penjualan, jasa pengiriman dan pemasangan yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk konsultasi kebutuhan geomembrane dan jasa pemasangan, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung melalui tim Marketing Engineer kami melalui Whatsapp berikut.


kolam geomembrane - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?