Lapisan Perkerasan Jalan: Jenis dan Pengertiannya

lapisan perkerasan jalan

Bagikan Artikel Ini:

Lapisan perkerasan jalan terdiri dari beberapa lapisan yang berfungsi untuk menahan beban lalulintas dan menyebarkannya ke lapisan dibawahnya. Apa saja lapisan perkerasan jalan yang digunakan pada jenis – jenis perkerasan jalan baik jalan Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kota dan Desa.

Berikut macam – macam perkerasan jalan yang terdiri dari berbagai lapisan perkerasan (struktur konstruksi jalan).

1. Lapisan Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)

jenis perkerasan jalan lentur Flexible Pavement

Perkerasan lentur adalah perkerasan jalan lentur dengan menggunakan material aspal. Konstruksi perkerasan lentur ini terdiri dari beberapa lapisan perkerasan yang diletakkan di atas tanah dasar kemudian dipadatkan dikutip dari DPUPR Grobogan.

Lapisan perkerasan tersebut berfungsi untuk meanahan beban lalu lintas kemudian menyebarkannya ke lapisan dibawahnya. Berikut beberapa jenis lapisan struktur jalan pada perkerasan lentur.

a. Tanah Dasar (sub grade)

Tanah Dasar adalah permukaan tanah semula atau permukaan galian atau permukaan tanah timbunan, yang dipadatkan dan merupakan permukaan dasar untuk perletakan bagian-bagian perkerasan lainnya.

b. Lapis Pondasi Bawah (sub base course)

Lapis Pondasi Bawah adalah bagian perkerasan yang terletak antara lapis pondasi dan tanah dasar.

c. Lapis Pondasi (base course)

Lapis Pondasi adalah bagian perkerasan yang terletak antara lapis permukaan dengan lapis pondasi bawah (atau dengan tanah dasar bila tidak menggunakan lapis pondasi bawah).

d. Lapis Permukaan (surface course)

Lapis Permukaan adalah bagian perkerasan yang paling atas.

2. Lapisan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement)

jenis Perkerasan Kaku Rigid Pavement

Perkerasan kaku adalah perkerasan jalan kaku yang menggunakan cor beton dengan tulangan besi atau tanpa tulangan besi, yang langsung ditempatkan diatas tanah dasar (subgrade). Dalam perkerasan kaku pada jalan, dapat terlebih dahulu menggunakan lapis pondasi atau tanpa lapis pondasi jalan.

3. Lapisan Perkerasan Komposit (Composite Pavement)

tipe Perkerasan Komposit Composite Pavement

Perkerasan komposit pada jalan adalah gabungan perkerasan jalan antara material lentur dan kaku. Perkerasan jalan komposit secara penjelasan lebih mudah yaitu jalan beton yang di atasnya di lapisi aspal.

Material Geosintetik untuk Perkuatan dan Stabilisasi Jalan

Setiap lapisan pekerasan jalan terdiri dari beberapa jenis material baik tanah, pasir, kerikil dan batu atau agregat sesuai standar. Untuk membuat lapisan dasar atau pondasi jalan agar kokoh dan tahan lama sesuai usia konstruksi dibutuhkan juga material geosintetik.

Matetrial geosintetik untuk konstruksi lapisan jalan berfungsi untuk material separasi, filtrasi, drainase, perkuatan dan stabilisasi tanah. Berikut beberapa jenis geosintetik yang digunakan untuk jalan.

MTEX Geotextile

ULTIMATE Geomembrane

EXOGRID™ Geogrid

STRIPCELL™ Geocell

Sebagai informasi kami, CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geosintetik untuk proyek perbaikan dan pembangunan jalan Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kota dan Desa di Indonesia. Kami melayani konsultasi, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan untuk beberapa jenis material geosintetik.

Hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung dengan tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp untuk permintaan penawaran harga.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?