Pengolahan Limbah Tekstil Dengan Kolam Geomembrane

Pengolahan Limbah Tekstil Dengan Kolam Geomembrane - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Pengolahan limbah tekstil dengan kolam Geomembrane yang efektif untuk mencegah pencemaran air, tanah, dan lingkungan sekitar. Seperti apa pemanfaatan geomembrane dalam pengolahan limbah cair pada industri tekstil? Simak informasi selengkapnya di ulasan berikut.

Apa itu Limbah Tekstil?

Dikutip dari laman Kementerian LHK, Limbah tekstil adalah beragam jenis limbah yang dihasilkan dari proses pengkanjian, proses penghilangan kanji, pengelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan proses penyempurnaan.

Dampak Limbah Tekstil Terhadap Lingkungan

Pada industri tekstil terdapat berbagai proses produksi kain menggunakan zat warna sintetik yang menghasilkan limbah cair. Limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi kain tersebut tentu memiliki dampak negatif terhadap lingkungan jika tidak ditangani dengan baik.

Sebagai langkah yang baik dalam pengolahan limbah tekstil, industri tekstil sebaiknya harus memiliki fasilitas penampungan limbah cair yang aman terhadap lingkungan. Salah satu solusi terbaik yaitu dengan membangun kolam limbah atau kolam stabilisasi untuk menampung limbah tersebut.

Pembuatan kolam limbah tekstil diperlukan pelapis kedap air agar limbah tidak mencemari air dan tanah sekitar. Solusinya yaitu dengan membuat kolam Geomembrane yaitu kolam limbah tekstil yang dilapisi dengan material geomembrane yang berfungsi untuk lapis kedap.

Fungsi Geomembrane Pada Limbah Industri Tekstil

Diberbagai industri tekstil di Indonesia sampai saat ini belum banyak yang memanfaatkan geomembrane untuk pelapis kedap kolam limbah dari aktifitas produksi. Faktanya masih banyak industri tekstil yang belum memanfaatkanm geomembrane sehingga air limbah bisa bocor dan mencemari lingkungan air, tanah dan ekosistem disekitar.

Dikutip dari Peraturan Menteri LHK Republik Indonesia tentang tata cara dan persyaratan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun. Kolam limbah industri sebelum dibuang terlebih dahulu harus melalui serangkaian proses permurnian limbah. Termasuk penggunaan Geomembrane untuk lapisan kedap pada kolam limbah (kolam stabilisasi) untuk menghindari kebocoran limbah.

Contoh Pemasangan Geomembrane Pada Kolam Limbah

Berikut beberapa proyek pemasangan geomembrane CV. Mutu Utama Geoteknik untuk lapisan kedap air pada kolam limbah untuk menghindari kebocoran dan pencemaran lingkungan.

jasa instalasi geomembrane untuk kolam limbah tekstil - cv mutu utama geoteknik

jasa pasang geomembrane untuk pengolahan limbah tekstil - cv mutu utama geoteknik

kolam geomembrane untuk limbah tekstil - cv mutu utama geoteknik

Sebai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geomembrane HDPE dan LDPE yang melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk kolam limbah seluruh Indonesia.

Untuk konsultasi kebutuhan geomembrane dan jasa pemasangan silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung dengan tim Marketing Engineering melalui kontak kami.


kolam geomembrane - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?