Aplikasi Geomembrane untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

Aplikasi Geomembrane untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geomembrane untuk Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yaitu sebagai material pelapis kedap air yang dipasang pada kolam air baku.

Lalu apa yang dimaksud dengan kolam air baku pada SPAM, dan apa itu geomembrane, serta fungsi dan keunggulannya, berikut ulasannya.

Mengenal apa itu Kolam Air Baku di SPAM

Bersumber dari modul Simantu Kementerian PUPR, Kolam Air Baku adalah bangunan berupa berbentuk kolam yang digunakan untuk menampung air olahan untuk berbagai kegunaan tertentu.

Kegunaan air baku terbesar adalah untuk air minum. Dalam PP Nomor 16 tahun 2005 tentang Sistem Penyediaan Air Minum, air baku air minum dapat dari sumber air permukaan, cekungan air tanah, dan atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu.

Kemudian untuk menjaga kolam air baku tetap dalam kondisi baik, sebelum digunakan untuk menampung air baku, bangunan kolam terlebih dipersiapkan dengan baik yaitu dengan mengaplikasikan material pelapis kedap air.

Salah satu contoh material pelapis kedap air yang sudah banyak diaplikasikan untuk kolam penampungan air yaitu Geomembrane. Apa itu Geomembrane, fungsi dan keunggulannya sebagai material pelapis kedap air berikut informasinya.

Mengenal apa itu Geomembrane?

Geomembrane adalah material yang diproduksi material dari High Density Polyethylene (HDPE) atau Low Density Polyethylene (LDPE) kelas tinggi yang memiliki kekuatan dan daya tahan yang telah teruji.

jual geomembrane

Geomembrane adalah produk lokal yang diproduksi dengan teknologi canggih dan melalui uji laboratorium dan mengikuti standar nasional Indonesia, antara lain: kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran, dan juga ketahanan terhadap mikroorganisme, bakteri, jamur dan bahan-bahan kimia.

Fungsi Geomembrane pada Kolam Air Baku

Apa saja fungsi pemasangan Geomembrane pada kolam air baku, berikut beberapa fungsi utamanya.

  • Aplikasi geomembrane pada kolam air baku berfungsi untuk melapisi kolam penampungan air sehingga mencegah kontaminasi tanah.
  • Material geomembrane yang kedap air, dapat membantu mencegah kebocoran kolam air baku.
  • Pemasangan geomembrane pada kolam penampungan air baku memudahkan pengontrolan keadaan air dan kolam.

Keunggulan Geomembrane yang Dipasang Pada Kolam Air Baku

Kemudian apa saja keunggulan dari pemasangan geomembrane yang diaplikasikan dalam kolam penampungan air baku, berikut diantaranya.

1. Efektif Mencegah Kebocoran

Kolam air yang sudah dilapisi geomembrane pada bagian dasar dan dinding kolam, akan lebih efektif untuk mencegah kebocoran jika dibandingkan dengan kolam tanah, beton atau lapisan plastik biasa.

Sedangkan kolam limbah yang terbuat dari beton atau semen masih memiliki pori-pori atau celah yang menjadi sumber kebocoran. Jika tidak ditangani dengan baik, tentu kebocoran limbah akan mencemari lingkungan tanah, air dan lingkungan sekitar.

2. Instalasi Mudah dan Praktis

Instalasi geomembrane dapat dilakukan sendiri dengan mudah, namun pemasangan geomembrane jika tidak melalui tahapan yang benar dengan dilengkapi peralatan yang memadai tentu juga berisiko tidak rapi, sambungan juga rentan bocor.

Jadi disarankan akan lebih baik pemasangan geomembrane dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman dengan peralatan khusus dengan profesional.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah supplier geomembrane HDPE di Indonesia yang melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk berbagai proyek pelapisan kolam air baku yang menjangkau seluruh Indonesia.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Hubungi tim Marketing Engineer kami untuk permintaan harga Geomembrane dan jasa pemasangannya melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

3. Tahan Korosi dan Zat Kimia

Material geomembrane memiliki ketahanan terhadap berbagai zat cair atau kimia. Bahan Geomembrane tidak mudah terkontaminasi zat kimia atau biologi sehingga tidak mudah rapuh atau korosi.

4. Lebih Ekonomis

Penggunaan geomembrane untuk lapisan kedap air pada kolam air baku lebih ekonomis dan menghemat biaya perawatan dan perbaikan dalam jangka panjang. Karena sifat Geomembrane yang memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap korosi menjadikan material lapisan kedap air ini akan jauh lebih ekonomis untuk digunakan dalam jangka panjang.

5. Ramah Lingkungan

Pengaplikasian geomembrane HDPE untuk lapisan kedap air pada kolam limbah jauh lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan jenis plastik berbahan lainnya. Dikutip Tekno Tempo, bahan HDPE (High Density Polyethylene) merupakan bahan baku berbagai jenis produk palstik yang ramah lingkungan.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?