Aplikasi Geotextile Pada Sumur Resapan untuk Konservasi Air

Aplikasi Geotextile Pada Sumur Resapan untuk Konservasi Air

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geotextile pada sumur resapan untuk memperluas resapan air dalam pembangunan infrastruktur konservasi sumber daya air.

Pengertian Sumur Resapan

Bersumber dari halaman Litbang Kementerian PUPR, Sumur Resapan adalah bangunan peresap yang berfungsi untuk menampung dan meresapkan air hujan atau air permukaan ke dalam tanah.

Sumur resapan bertujuan untuk menggantikan peresapan air alami yang hilang atau berkurang akibat meluasnya lahan pembangunan yang menjadi kedap tertutup bangunan / jalan, dengan cara mendrainasekan sebagian aliran permukaan sebagai subtitusi peresap alami yang terjadi sebelum dilakukan pembangunan.

Penggunaan Geotextile pada Sumur Resapan

Sebagai informasi, Geotextile adalah material sintetik yang berbentuk lembaran dan memiliki pori-pori seperti karpet. Jenis geotextile berdasarkan bentuk fisiknya ada dua yaitu geotextile woven (dianyam) dan geotextile non woven (tidak teranyam). Fungsi utama Geotextile yaitu digunakan untuk material separasi, filtrasi, drainase dan perkuatan pada stabilisasi tanah.

Pada proyek pembangunan sumur resapan, Geotextile digunakan atau dipasang pada dinding dan dasar sumur peresapan. Fungsi pemasangan Geotextile pada sumur resapan tersebut dapat membantu memperluas resapan air kedalam sumur.

Keunggulan Sumur Resapan Dengan Geotextile

Apa saja keunggulan Ada banyak keunggulan dari penggunaan Geotextile pada sumur resapan, jika dibandingkan dengan sumur peresapan konvensional, resapan air hanya terjadi di dasar dan di dinding yang dibuat lubang saja. Sedangkan sumur resapan yang sudah dilapisi Geotextile, air dapat meresap tidak hanya di dasar melainkan juga pada dinding sumur.

  1. Selain itu keunggulan penggunaan Geotextile pada sumur resapan, akan membantu mengalirkan air kedalam tanah dengan cepat, karena Geotextile memiliki sifat permeabilitas tinggi.
  2. Kemudian Geotextile juga dapat menyaring partikel tanah dan pasir yang terbawa air ke segala arah baik pada dasar dan semua dinding bangunan peresapan tersebut.

Demikian informasi terkait dengan inovasi aplikasi Geotextile pada infrastruktur konservasi sumber daya air pada bangunan peresapan air.

Sebagai informasi juga, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah produsen sekaligus supplier geotextile di Indonesia melayani jasa konsultasi pemilihan geotextile untuk proyek Anda gratis, sekaligus penjualan, jasa pengiriman dan jasa aplikator geotextile untuk beragam proyek-proyek Anda seperti pembangunan sumur resapan.

Untuk kebutuhan informasi dan kebutuhan material silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami dengan tim Marketing Engineer kami via Whatsapp, Telp maupun Email dan bisa Anda datang langsung ke kantor kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?