Fungsi Geotextile untuk Jalan Raya Yang Lebih Kokoh

Fungsi Geotextile untuk Jalan Raya Yang Lebih Kokoh dan Awet Tahan Lama

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geotextile untuk Jalan Raya Yang Lebih Kokoh, Meningkatkan Daya Tahan Jalan Sekaligus Memperpanjang Umur Jalan

Geotextile ditempatkan di antara lapisan tanah dasar dan agregat (batu pecah) untuk mencegah tercampurnya kedua material tersebut. Tanah yang bercampur dengan agregat dapat melemahkan struktur jalan dan membuatnya tidak stabil.

Manfaat Geotextile Yang Diaplikasikan Pada Konstruksi Jalan

Bersumber dari Wikipedia, Geotextile (Geotekstil) adalah material sintetis yang terbuat dari serat plastik atau tekstil, seperti poliester, polypropylene, dan nilon.

jual geotextile woven langsung dari supplier pabrik

 

Material ini memiliki banyak keunggulan yang membuatnya ideal untuk diaplikasikan pada konstruksi jalan, antara lain:

1. Meningkatkan Stabilitas Tanah

Geotextile membantu meningkatkan stabilitas tanah dengan menyebarkan beban secara merata ke seluruh permukaan tanah. Hal ini membantu mencegah kerusakan jalan akibat deformasi tanah, seperti retak dan amblesan.

2. Memperkuat Struktur Jalan

Geotextile dapat memperkuat struktur jalan dengan bertindak sebagai lapisan pemisah antara lapisan tanah yang berbeda. Hal ini membantu mencegah pencampuran material dan meningkatkan daya dukung beban jalan.

3. Meningkatkan Drainase

Geotextile memiliki permeabilitas yang tinggi, yang memungkinkannya untuk mengalirkan air dengan baik. Hal ini membantu mencegah genangan air di bawah permukaan jalan, yang dapat menyebabkan kerusakan jalan.

4. Memperpanjang Masa Pakai Jalan

Penggunaan geotextile dalam konstruksi jalan dapat membantu memperpanjang masa pakai jalan dengan mencegah kerusakan dan deformasi jalan. Hal ini pada akhirnya dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan jalan.

5. Ramah Lingkungan

Geotextile adalah material yang ramah lingkungan karena terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang kembali. Geotextile juga tidak beracun dan tidak mencemari lingkungan.

Secara keseluruhan, penggunaan geotextile dalam konstruksi jalan raya bertujuan untuk meningkatkan daya tahan jalan, membuatnya lebih awet, dan meminimalkan biaya perawatan.

Demikian informasi terkait dengan manfaat atau fungsi geotextile untuk jalan raya yang saat ini sudah banyak digunakan oleh kontraktor jalan raya.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier geotextile yang menjual berbagai jenis geotextile terbaik dan terlengkap untuk beragam kebutuhan proyek Anda.

Untuk terhubung dengan kami, silahkan hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp yang tertera di halaman website ini.

jual geotextile woven dan non woven

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?