Geobag Sebagai Solusi Terhadap Abrasi Pantai

Geobag dan Geobox Sebagai Solusi Terhadap Abrasi Pantai

Bagikan Artikel Ini:

Abrasi adalah suatu proses perubahan bentuk pantai atau erosi pantai yang disebabkan oleh gelombang laut, arus laut, dan pasang surut laut. Abrasi merupakan salah satu peristiwa alam yang terjadi di daerah pantai. Namun, abrasi yang terjadi terus-menerus akan menimbulkan kerusakan lingkungan.

Secara garis besar, proses abrasi dapat terjadi karena dua faktor, yaitu faktor alam dan manusia.

  • Faktor Alam

Proses terjadinya abrasi yang disebabkan oleh angin yang bertiup di atas lautan yang menimbulkan gelombang dan arus laut sehingga mempunyai kekuatan untuk mengikis daerah pantai. Dampaknya adalah gelombang yang tiba di pantai dapat menggetarkan tanah atau batuan yang lama kelamaan akan terlepas dari daratan.

  • Faktor Manusia

Abrasi juga disebabkan oleh faktor manusia, misalnya penambangan pasir. Penambangan pasir sangat berperan banyak terhadap abrasi pantai, baik di daerah tempat penambangan pasir maupun di daerah sekitarnya karena terkurasnya pasir laut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan arah arus laut yang menghantam pantai.

Dampak negatif yang diakibatkan oleh abrasi antara lain; Penyusutan lebar pantai sehingga menyempitnya lahan bagi penduduk yang tinggal di pinggir pantai. Kerusakan hutan bakau di sepanjang pantai, karena terpaan ombak yang didorong angin kencang begitu besar. Kehilangan tempat berkumpulnya ikan-ikan perairan pantai karena terkikisnya hutan bakau.

Saat ini penggunaan geobag sudah banyak digunakan sebagai solusi abrasi pantai. Mengapa harus geobag? Karena geobag ini memiliki keunggulan yang mampu meredam gelombang laut dan sebagai dinding penahan yang efektif. Untuk pengisian geobag ini biasanya diisi dengan materialyang berasal dari pasir sekitar supaya lebih efisien dan efektif.

Geobag dapat diaplikasikan pada River Bank Protection, Temporary Jetty, Groyne, Containing Dredged Material, Break water dan lain sebagainya. Umumnya geobag juga digunakan pada daerah yang mengalami abrasi yang tidak begitu berat dan memerlukan penanganan secara cepat untuk jangka waktu pemakaian yang tidak terlalu panjang.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?