Geotextile untuk Jalan Tol, Fungsi, Keunggulan dan Aplikasinya

Geotextile untuk Jalan Tol, Fungsi dan Aplikasinya

Bagikan Artikel Ini:

Geotextile untuk jalan tol menjadi salah satu inovasi teknologi yang saat ini banyak digunakan sebagai salah satu material struktur jalan. Lalu apa itu Geotextile, jenis, fungsi dan aplikasinya untuk berbagai proyek pembangunan jalan tol di Indonesia, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Geotekstil untuk Jalan Tol

Geotextile atau Geotekstil adalah salah satu jenis material Geosintetik yang dipasang pada lapisan atau struktur tanah. Geotekstil terdiri dari dari dua jenis yaitu Woven (dianyam) dan Non Woven (tidak teranyam). Masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi dasar yang sama, apa saja fungsinya berikut diantaranya.

 

geotekstil untuk jalan tol

 

Fungsi Geotekstil untuk Jalan Tol

Menurut Hutama Karya, pemasangan Geotextile pada jalan tol berfungsi untuk material penyaringan, pemisahan, drainase dan penguatan. Beberapa fungsi dasar tersebut membantu mempercepat pekerjaan top sub grade (persiapan tanah dasar) sekaligus memperbaiki dan memperkuat struktur tanah.

Keunggulan Penggunaan Geotekstil Pada Jalan Tol

Keunggulan Geotekstil yang diaplikasikan dan dipasang pada sub grade menurut Hutama Karya dapat membantu untuk memisahkan tanah asli dengan tanah pengeras, sehingga tanah dasar (subgrade) tidak akan bercampur dengan tanah pengeras (timbunan).

Sehingga penggunaan Geotextile juga dapat menjaga tanah dasar yang lunak agar tidak bergerak mengganggu tanah keras atau timbunan, sehingga tanah asli tidak bercampur dengan tanah keras, keunggulan tersebut akan menjaga jalan tol tetap awet dan tahan lama.

Demikian beberapa rangkuman informasi terkait dengan pengenalan Geotextile dari fungsi, aplikasi dan keunggulannya pada proyek pembangunan jalan tol di Indonesia.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier geotextile di Indonesia melayani penjualan dan jasa pengiriman material Geotekstil untuk berbagai proyek jalan tol di seluruh Indonesia.

Untuk terhubung dengan kami, silahkan hubungi Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami via Whatsapp, Telp atau Email. Terima kasih.

fungsi geotekstil pada proyek jalan tol

 

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?