Jenis – Jenis Geotextile Beserta Fungsi dan Aplikasinya

Jenis - Jenis Geotextile Beserta Fungsi dan Aplikasinya

Bagikan Artikel Ini:

Jenis Geotextile ada dua macam yaitu Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven. Berikut penjelasan selengkapnya bermacam – macam geotextile beserta fungsi dan aplikasi penggunaannya untuk separasi, filtrasi dan stabilisasi tanah pada konstruksi teknik sipil.

1. Geotextile Woven

Geotextile Woven terbuat dari serat polypropylene sebagai bahan baku, diproduksi setidaknya dua baris benang paralel (benang pita) yang tersusun menyerupai kain anyaman. Keunggulannya tahan terhadap sinar matahari dan kuat untuk penjamin keamanan struktur tanah yang tidak setabil.

jenis geotextile woven

Fungsi Geotextile Woven

Material ini digunakan untuk alas timbunan material pada perkuatan lapisan tanah dasar untuk memisahkan, menyaring dan memperkuat Subgrade pada perkerasan jalan raya, bandara, terminal, pelabuhan dan dapat juga diaplikasikan untuk perkerasan berbagai infrastruktur lainnya.

Geotextile woven berfungsi sebagai material untuk perkuatan tanah dasar yang lunak. Aplikasinya material ini sebagai alas timbunan untuk perkuatan dan stabilisasi tanah dasar atau perkuatan Subgrade sekaligus menyalurkan beban secara merata yang ada diatasnya.

Aplikasi Geotextile Woven

Geotextile Woven dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis proyek diantaranya proyek sumber daya air, perlindungan bendungan, perkerasan jalan, struktur jalan rel kereta api dan berbagai kebutuhan proyek di lapangan.

2. Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven atau juga sering di sebut dengan nama geotekstil non woven dan karpet geotextile terbuat dari benang serat polyester atau polypropylene yang tersusun tidak beraturan (tidak teranyam) dan disatukan dengan teknologi canggih. Keunggulan dan fungsinya sebagai material pemisah antara dua lapisan material yang berbeda sehingga tidak tercampur.

jenis geotextile non woven

Fungsi Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven berfungsi sebagai media pemisah antara dua lapisan material yang berbeda (separator). Material ini juga digunakan untuk filtrasi pada lapisan struktur tanah seperti proyek konstruksi jalan dan sistem drainase dan filtrasi lainnya.

Selain digunakan untuk separasi dan filtrasi, material ini juga banyak digunakan untuk membuat vertical garden. Bagaimana cara membuat vertical garden dengan geotextile non woven, simak di halaman cara membuat vertical garden dengan karpet geotextile.

Aplikasi Geotextile Non Woven

Geotekstil non woven dapat diaplikasikan untuk berbagai proyek sebagai material pemisah dan filtrasi. Berikut beberapa pemanfaatan geotextile non woven untuk berbagai jenis proyek Anda.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geotextile woven dan non woven terlengkap. Kami melayani konsultasi pemilihan produk, penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile dibeberapa proyek.

Hubungi tim Marketing Engineering kami untuk informasi selengkapnya melalui Whatsapp atau kontak lain di halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?