Limbah Pabrik Anti Bocor dengan Lapis Geomembrane

Limbah Pabrik Anti Bocor dengan Lapis Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Limbah pabrik anti bocor dengan lapis kedap Geomembrane untuk meminimalisir pencemaran air dan tanah dilingkungan sekitar. Kenapa kolam limbah (kolam stabilisasi / waste pond) di pabrik harus dilapisi Geomembrane, kemudian apa itu material Geomembrane serta apa saja keunggulannya, simak informasi berikut.

Permasalahan Kolam Limbah Pabrik

Jika bicara soal permasalahan limbah pabrik tentu kita sering mendengar berbagai informasi, jika limbah pabrik sering mencemari lingkungan. Pencemaran akibat limbah itu mungkin ada yang disengaja atau mungkin bisa saja memang kolam stabilisasi tidak dipasang material lapis kedap yang tahan segala jenis benda cair.

Akibatnya tentu sering kita dengar, bahwa banyak permasalahan kebocoran limbah pabrik atau industri yang mencemari air dan tanah pada lingkungan sekitar.

Solusi Kolam Limbah Pabrik

Jika kita sudah mengetahui berbagai permasalahan pada kolam stabilisasi pabrik, seperti yang biasa terjadi yaitu permasalahan kebocoran seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Tentu pasti ada solusi terbaik yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran pada kolam limbah tersebut, salah satunya yaitu pemasangan Geomembrane pada kolam limbah, sesuai rekomendasi dari pemerintah.

Berikut informasi yang kami kutip dari Peraturan Menteri LHK RI sebagai rekomendasi dari pemerintah tentang “Tata cara dan persyaratan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun”.

Kolam limbah industri sebelum dibuang terlebih dahulu harus melalui serangkaian proses permurnian limbah. Termasuk penggunaan Geomembrane untuk lapisan kedap pada kolam limbah (kolam stabilisasi) untuk menghindari kebocoran limbah.

Mengenal apa itu Geomembrane

Dikutip dari halaman produk Geomembrane dari CV. Mutu Utama Geoteknik, material geomembrane ternyata banyak memiliki keunggulan yang baik untuk dijadikan material lapis kedap, berikut diantarnya.

  1. Tahan yang sangat tahan terhadap sinar Ultraviolet (UV)
  2. Material yang kedap air, zat kimia dan gas
  3. Bisa digunakan hingga puluhan tahun
  4. Material ini perawatannya mudah
  5. Kuat, fleksibel anti tusuk, robek dan rapuh

Aplikasi Geomembrane Pada Waste Pond

Seperti yang kita tahu, ternyata masih banyak perusahaan atau pabrik yang belum memanfaatkan Geomembrane untuk pelapis kedap pada kolam limbah. Sehingga banyak juga informasi yang beredar bahwa perusahaan A dan B misalnya, telah dengan atau tanpa sengaja mencemari lingkungan akibat bocornya limbah dari perusahaan mereka.

Sehingga penggunaan Geomembrane pada waste pond atau kolam stabilisasi dipasang untuk melapisi semua permukaan dasar dan dinding kolam limbah. Dengan pemasangan yang tepat dan profesional tentu pemasangan geomembrane pada kolam stabilisasi akan dapat mengatasi permasalahan yang sering terjadi yaitu kebocoran kolam limbah.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?