Peningkatan Jalan Gunakan Geotextile, Ini Fungsinya!

Peningkatan Jalan Gunakan Geotextile, Ini Fungsinya!

Bagikan Artikel Ini:

Peningkatan Jalan Gunakan Geotextile, Ini Fungsinya untuk Separasi, Filtrasi, Drainase Pada Proyek Stabilisasi Tanah dan Perbaikan Jalan.

Apa itu Peningkatan Jalan dan Tujuannya

Peningkatan jalan adalah kegiatan perbaikan jalan rusak hingga sampai suatu kondisi pelayanan yang mantap sesuai dengan umur rencana yang ditetapkan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan penanganan jalan yang dapat meningkatkan kemampuan strukturalnya sesuai dengan umur rencana jalan tersebut.

Maksud dan tujuan perbaikan jalan yaitu penanganan jalan guna meningkatkan kemampuan struktur jalan agar mencapai tingkat pelayanan yang direncanakan.

Selain itu, manfaat perbaikan jalan juga sekaligus memperlancar arus lalulintas, distribusi barang dan jasa, serta berperan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam peningkatan jalan maupun jalan baru atau jembatan harus memenuhi prinsip pembangunan berkelanjutan dengan cara pemeringkatan jalan hijau.

Fungsi Geotextile di Proyek Peningkatan Jalan

Fungsi geotextile yaitu digunakan untuk penyaring (filtrasi), pemisah (separasi), lapisan drainase, dan perkuatan pada konstruksi struktur tanah tanah dasar (subgrade), lapis pondasi bawah (subbase course), lapis pondasi (base course) dan lapis permukaan (surface course).

1. Separasi

Geotextile non woven yang diaplikasikan diatas lahan gambut berfungsi untuk media pemisah antara tanah dasar (perkuatan subgrade) dengan agregat atau timbunan pada pondasi jalan. Tujuannya yaitu agar tanah urugan tidak bercampur dengan tanah dasar yang bersifat lunak.

2. Filtrasi dan Drainase

Kemudian fungsi yang kedua, geotextile non woven berfungsi sebagai lapisan sistem drainase dan filtrasi. Geotextile memiliki permeabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan butiran halus dan dapat mengalirkan air dengan baik.

Sehingga material agregat atau timbunan tidak akan bercampur dengan tanah gambut, hal ini membantu agar lahan tersebut akan lebih stabil dan kuat untuk dibangun perumahan.

3. Perkuatan

Geotextile non woven juga digunakan untuk lapis perkuatan pada tanah dasar lunak pada lahan gambut tersebut, karena geotextile memiliki kuat tarik dan daya gesek yang tinggi. Sehingga dengan pemasangan geotextile non woven, lahan gambut tersebut akan lebih stabil dan kuat.

Keunggulan Geotextile Non Woven untuk Perkuatan dan Stabilisasi Tanah

Kemudian apa saja keunggulan Geotextile Non Woven yang digunakan pada berbagai pekerjaan tanah tersebut berikut beragam keunggulannya.

  1. Bahan yang digunakan dalam proses produksi menggunakan produk dalam negeri yang memiliki TKDN produk lebih dari 70%.
  2. Memiliki bukaan pori kecil dengan permeabilitas yang tinggi, sehingga air dapat mengalir tanpa membawa material.
  3. Memiliki ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik sebagai material pemisah dan penyaring
  4. Tahan terhadap sinar UV.
  5. Geotextile non woven tahan terhadap perubahan suhu, cuaca, bahan kimia, bahkan mikroorganisme.

Demikian informasi terkait dokumentasi pengiriman Geotextile Non Woven dengan tujuan Bekasi sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier di Indonesia yang melayani penjualan dan jasa pengiriman ke seluruh Indonesia.

supplier geotextile untuk proyek irigasi

Untuk terhubung dengan kami, silahkan menghubungi Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami.

jasa pemasangan geotextile

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?