Pipa HDPE: Pengertian, Jenis dan Aplikasinya

Pipa HDPE Pengertian, Jenis dan Aplikasinya

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal apa itu Pipa HDPE pengertian, jenis hingga aplikasinya untuk berbagai proyek infrastruktur aliran air bersih, sistem drainase, limbah, minyak dan lain-lain.

Apa itu Pipa HDPE?

Pipa HDPE atau HDPE Pipe adalah salah satu jenis pipa yang terbuat dari bahan Polietilena berdensitas tinggi (High-density polyethylene) disingkat HDPE. Pipa dengan bahan HDPE juga sering disebut dengan Geopipe, karena jenis pipa ini sering digunakan pada berbagai pekerjaan sistem perpipaan bawah tanah, maupun diatas permukaan.

Lalu apa saja jenis, fungsi dan aplikasinya simak pada penjelasan di bawah ini.

Jenis Pipa HDPE

Pipa high density polyethylene atau Geopipe terdiri dari beberapa jenis berdasarkan dari type atau bentuknya, berikut diantaranya.

1. HDPE Double Wall Corrugated Pipe

Apa itu HDPE Double Wall Corrugated Pipe?  Double Wall Corrugated Pipe adalah jenis geopipe yang menggunakan dua lapisan yang berbeda dengan menggunakan bahan dari high density (kepadatan tinggi) Polyetheline (PE). Bagian dalamnya halus dan rata sedangkan di luar bergelombang.

Jenis pipa tersebut juga banyak digunakan untuk sistem perpipaan bawah permukaan tanah untuk sistem aliran drainase, saluran pembuangan pada proyek drainase industri, air limbah, pertambangan, lapangan olahraga, dan lainnya sesuai kebutuhan.

2. HDPE Single Wall Corrugated Pipe

Kemudian yang kedua yaitu HDPE Single Wall Corrugated Pipe adalah satu jenis Geopipe yang diproduksi dengan satu lapisan material. Penggunaan Single Wall Corrugated Pipe sering digunakan pada berbagai proyek pembuatan sub surface drainage, dan french drain yang tidak dilewati oleh beban berat atau kendaraan berat.

Geopipe HDPE Single Wall Corrugated Pipe banyak digunakan untuk berbagai jenis proyek sistem drainase bawah permukaan pada proyek drainase air limbah industri / pabrik, drainase lapangan olahraga, jaringan kabel atau telekomunikasi bawah permukaan, drainase dan saluran pembuangan lainnya.

3. HDPE Spiral Pipe

Spiral Pipe HDPE adalah pipa spiral yang memiliki bentuk dinding dalam berprofil dan dinding luarnya berbentuk spiral.

Pipa spiral ini banyak digunakan pada sistem drainase dan perpipaan air limbah, saluran pembuangan bawah tanah, pelindung jaringan kabel bawah tanah dan saluran irigasi pada pertanian dan perkebunan.

4. HDPE Solid Wall Pipe

PiHDPE Solid Wall Pipe merupakan jenis Geopipe yang memiliki bentuk fisik berwarna hitam polos dan umumnya bergaris biru. Pipa ini banyak digunakan untuk sistem perpipaan air bersih seperti PDAM atau SPAM. Disisi lain bisa juga difungsikan sebagai pipa pembuangan limbah, bahan kimia dan lain-lain.

Demikian informasi terkait dengan pengertian pipa HDPE dari penjelasan jenis hingga fungsi atau aplikasinya pada berbagai pekerjaan proyek infrastruktur.

Sebagai informasi kami, CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier berbagai jenis Geopipe sekaligus melayani jasa pengiriman ke seluruh Indonesia. Untuk informasi permintaan harga pipa, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?