Proyek Perbaikan Jalan di Purwodadi Gunakan Geomembrane

Proyek Perbaikan Jalan di Purwodadi Gunakan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Proyek Perbaikan Jalan di Purwodadi Gunakan Geomembrane untuk Perkuatan dan Perbaikan Tanah Ekspansif dengan Metode Horizontal Barrier.

Sebagai informasi, pada pekerjaan perbaikan beberapa ruas jalan di Purwodadi Grobogan, menggunakan metode horizontal barrier. Apa itu metode Horizontal Barrier, simak informasi berikut ini, berikut penjelasannya.

Aplikasi Geomembrane untuk Horizontal Barrier Pada Jalan

Aplikasi material Geomembrane pada proyek perbaikan jalan khususnya di Grobogan yaitu digunakan untuk metode horizontal barrier, apa itu berikut penjelasan selengkapnya.

Dikutip dari halaman Simantu Kementerian PUPR, tentang pengembangan teknologi penanganan dan penanggulangan kerusakan jalan di atas tanah ekspansif, metode horizontal barrier adalah yaitu pemasangan material kedap air berupa Geomembrane yang dipasang (dihampar) diatas tanah dasar (tanah ekspansif) untuk badan jalan tersebut.

ULTIMATE Geomembrane

Metode horizontal barrier ini sebelumnya sudah di uji cobakan oleh di lokasi Desa Gubug Kabupaten Grobogan yaitu di km Smg 27+500. ruas jalan antara Semarang Purwodadi Propinsi Jawa Tengah.

Daerah ini merupakan dataran rendah dengan lapisan tanah berupa tanah lempung ekspansif dari hasil endapan sungai, sehingga lapisan tanah bawah perrnukaan mempunyai sifat sangat lembek yang cukup tebal.

Dengan adanya tanah lempung yang bersifat ekspansif ini, maka banyak mengakibatkan kerusakan permukaan jalan yang dikarenakan oleh perilaku kembang-susut tanah tersebut. Sebagai fungsi horizontal barrier digunakan bahan geomembrane tipe HDPE yang terdiri komposisi polymer 97.5% dan carbon hitam 2,5% dengan tebal 0.75 mm.

Dari hasil pemantauan kadar air tanah pada percobaan lapangan dengan menggunakan sistem horizontal barrier ini memberikan hasil bahwa pada tanah yang tertutup geomembrane perubahan kadar air sebesar 0.05-9.24 %, sedangkan pada tanah yang tidak tertutup membran, perubahan kadar air sebesar 0. 70-18.94 %.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa lapisan tanah yang ditutupi membran mempunya1 kenaikan yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan lapisan yang tidak tertutup oleh geomembrane. Hal ini dikarenkan air hujan yang jatuh kepermukaan tanah lebih banyak meresap pada tanah yang tidak tertutup geomembrane.

Fungsi Geomembrane Pada Tanah Ekspansif

Secara umum fungsi pemasangan Geomembrane pada proyek perbaikan jalan di Grobogan sudah di jelaskan di atas. Lalu secara spesifik, apa saja fungsi atau manfaat pemasangan geomembrane untuk stabilisasi tanah ekspansif tersebut, berikut penjelasannya.

1. Mencegah Penurunan Permukaan Jalan

Untuk mencegah penurunan permukaan jalan akibat tanah ekspansif, diperlukan teknologi perbaikan struktur jalan menggunakan material Geomembrane. Pemasangan geomembrane diatas tanah dasar jalan (subgrade) berfungsi membantu menstabilkan tanah dasar.

2. Mencegah Retakan Panjang Pada Badan Jalan

Geomembrane dipasang diatas tanah ekspansif bertujuan untuk memisahkan antara tanah dasar dan material timbunan. Pemasangan material tersebut bertujuan agar tanah dasar tidak bercampur dengan material timbunan. Dan sekaligus membantu mereduksi perubahan kadar air agar badan jalan retak akibat perubahan kadar air yang tidak merata pada tanah dasar.

3. Mencegah Jalan Menggelembung dan Bergelombang

Selain mencegah retak, pemasangan geomembrane pada jalan di atas tanah ekspansif juga untuk menghindari agar jalan tidak bergelombang atau menggelembung.

4. Mencegah Kelongsoran Jalan

Penggunaan geomembrane pada struktur jalan di atas tanah ekspansif juga dapat mengurangi kelongsoran badan jalan. Fungsi Goemembrane tersebut selain untuk menjaga kadar air pada tanah dasar, Geomembrane juga dapat meratakan beban kendaraan, sehingga beban tersebut bisa merata untuk mencegah kelongsoran

Demikian informasi terkait dengan perbaikan ruas jalan di Purwodadi Grobogan pada tanah ekspansif yang menggunakan Geomembrane untuk perkuatan dan stabilisasi tanah dasar pada badan jalan.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan yang mensuplay geomembrane dan melayani jasa instalasi Geomembrane pada proyek perbaikan jalan di Purwodadi tersebut.

Berikut salah satu dokumen proyek kami di Purwodadi tersebut.

https://youtube.com/shorts/0YT73LxFeyY?si=55qCo5nBAnbZI-XD

Kami juga melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan Geomembrane untuk beragam jenis proyek Anda ke seluruh Indonesia.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Hubungi kami melalui Tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?