Pengendalian Erosi

Pemanfaatan Geomat dan Geocell sebagai solusi pengendalian erosi untuk pencegahan, penanggulangan berbagai jenis erosi lereng, tanggul sungai, waduk dan revitalisasi TPA. Pengendalian erosi tanah sangat penting dilakukan guna menjadi upaya untuk mengendalikan erosi air dan tanah pada lingkungan sekitar seperti pada pengembangan lahan pertambangan, proyek pembangunan, pesisir pantai dan daerah aliran sungai. Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik untuk konsultasi produk untuk pengendali erosi.

Pengendalian Erosi dengan Geosintetik - CV Mutu Utama Geoteknik

Klien CV. Mutu Utama Geoteknik

Produk untuk Pengendalian Erosi

geobag untuk pengendalian erosi - CV Mutu Utama Geoteknik

Geobag / Sanbag

Geobag dan Sandbag di aplikasikan untuk perkuatan pantai, tanggul, kanal dan lereng untuk mencegah erosi

Geomat

Geomat di aplikasikan untuk memperkuat tanah pada lereng sebagai solusi pengendali erosi

geocell untuk pengendalian erosi - cv mutu utama geoteknik

Geocell

Geocell berfungsi untuk mengatasi ketidakstabilan tanah pada lereng, dan infrastruktur jalan

Proyek Pengendalian Erosi

Mengapa Pilih Kami

Konsultasi Gratis

Kami memberikan konsultasi Gratis untuk membantu Anda menentukan jenis produk untuk pengendalian erosi terbaik untuk proyek Anda

Produk Terbaik

Kami telah sukses membantu beberapa proyek untuk supply produk sekaligus instalasi produk Geosintetik diberbagai proyek di Indonesia

Pengerjaaan Cepat

Kami telah sukses membantu beberapa proyek untuk supply produk sekaligus instalasi produk Geomat dan Geocell diberbagai proyek di Indonesia

Customer Review

“Mutu Utama Geoteknik sudah menunjukkan kualitas pekerjaan yang luar biasa.”
wijaya karya
Budi Santoso
Project Manager
“Well Done, Good Job every one.”
Ahmad Bernadi
Project Manager
“Management Project dan ketepatan Timeline adalah nilai lebih dari Mutu Utama Geoteknik. Sukses Selalu.”
jaya konstruksi
Titah Gopal
Project Manager

Faktor Yang Mempengaruhi Erosi Tanah

Penyebab erosi tanah bisa berawal dari berbagai faktor mulai dari ketidak seimbangan ekosistem alam atau lingkungan sekitar dan dari faktor manusia. Berdasarkan temuan informasi dilapangan dan referensi erosi dari Wikipedia, ada 9 faktor yang mempengaruhi erosi tanah, berikut penjelasannya.

1. Kondisi Tanah

Struktur tanah atau tekstur tanah yang berupa butiran halus dengan kandungan pasir tidak mudah menyerap air, hal ini menjadi salah satu faktor material tanah mudah terbawa oleh aliran air yang berakibat terjadinya erosi dan longsor.

2. Topografi

Topografi kondisi lingkungan sekitar yang banyak tebing dan lereng curam menjadi faktor penyebab erosi. Hal ini terjadi karena tebing atau lereng berpotensi menjadi jalur aliran air yang deras ketika hujan lebat.

4. Iklim

Kondisi perubahan iklim dunia atau kondisi cuaca pada daerah tertentu yang cenderung memiliki intensitas hujan yang tinggi dan lama juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi erosi tanah.

3. Vegetasi

Kurangnya vegetasi tanaman akibat penebangan hutan, pembukaan lahan dan pembangunan, menjadi faktor terjadinya erosi.
Karena fungsi tanaman untuk menyerap air, penahan tanah dan penghalang aliran air.

5. aliran Air

Volume air dan arus yang kuat pada sungai juga menjadi faktor yang mempengaruhi erosi, karena sifat air yaitu akan menggerus, mendorong, dan mengangkat partikel tanah yang ada disekitarnya.

6. Angin

Kekuatan angin juga bisa menjadi faktor penyebab erosi, hal ini terjadi pada wilayah pesisir laut atau gurun. Angin akan mengangkat partikel debu, tanah, pasir istilah ini disebut deflasi (erosi angin).

7. Gelombang Laut

Gelombang laut yang terus terjadi akan menggerus garis pantai secara terus menerus. Jika hal ini tidak dikendalikan akan menjadi faktor terjadinya erosi atau abrasi dan pengikisan pasir dan tanah.

8. Faktor Manusia

Manusia menjadi salah satu faktor terjadinya erosi, hal ini karena kebiasaan manusia yang memanfaatkan sumber daya alam tanpa adanya perbaikan kembali
guna pemulihan lingkungan.

Scroll to Top
Hubungi kami
Halo saya Dany,
Ada yang bisa kami bantu?