Sumur Resapan Air Hujan Gunakan Geotextile untuk Cegah Banjir

Sumur Resapan Air Hujan Gunakan Geotextile Non Woven dan Modular Tank untuk Cegah Banjir

Bagikan Artikel Ini:

Sumur resapan air hujan gunakan Geotextile Non Woven dan Modular Tank untuk mencegah banjir akibat genangan air saat musim hujan.

Dalam pembuatan sumur peresapan air hujan perlu dibutuhkan inovasi serta teknologi terbaru yang  dapat membantu dengan cepat agar air dapat terserap kedalam tanah.

Dikutip dari halaman publikasi di Researchgate, kini salah satu solusi dan inovasi terbaru pada sumur resapan yaitu dapat menggunakan Modular Tank yang digunakan untuk menampung air dalam tanah, sehingga akan membantu mencegah luapan air hujan dan mengakibatkan banjir.

Sedangkan Geotextile Non Woven untuk membungkus atau menyelimuti Modular Tank yang sudah dipasang dalam sumur dan berfungsi untuk mencegah pengendapan sedimen dalam Modular Tank.

Aplikasi pemasangan Geotextile Non Woven dan Modular Tank tersebut, bersumber dari penelitian pengendalian run off dengan sumur resapan di Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang yang dilaksanakan oleh ITS Surabaya dan Dinas PU SDA Provinsi Jawa Timur.

Untuk penjelasan selengkapnya bagaimana inovasi penggunaan Geotekstil dapat diterapkan pada bangunan resapan, simak informasi berikut ini.

Pengertian Sumur Resapan

Apa yang dimaksud dengan Sumur Resapan Air Hujan? Dikutip dari halaman Litbang Kementerian PUPR, Sumur Resapan adalah bangunan peresap yang berfungsi untuk menampung dan meresapkan air hujan atau air permukaan ke dalam tanah.

Bangunan peresapan tersebut dapat menggantikan peresap alami yang hilang atau berkurang akibat meluasnya lahan pembangunan yang menjadi kedap tertutup bangunan / jalan, dengan cara mendrainasekan sebagian aliran permukaan sebagai subtitusi peresap alami yang terjadi sebelum dilakukan pembangunan.

Berikut video cara kerja sumur peresapan air yang kami sematkan dari sumber Youtube Balitbang PUPR.

Fungsi Geotextile dan Modular Tank Pada Sumur Resapan Air

Untuk mengetahui lebih aplikasi atau fungsi pemasangan geotextile non woven dan modular tank untuk resapan air, berikut ulasannya.

Fungsi Geotextile Non Woven

Dikutip dari halaman produk Geotextile di CV. Mutu Utama Geoteknik, Geotextile Non Woven adalah material sintetik  yang berfungsi untuk Separasi, Filtrasi, Drainase dan Perkuatan struktur tanah.

Pemasangan Geotextile Non Woven pada bangunan peresap air dipasang pada dinding dan dasar sumur berfungsi untuk memperluas resapan air kedalam sumur.

supplier geotextile non woven

Berbeda dengan sumur peresapan konvensional, resapan air hanya terjadi di dasar dan di dinding yang dibuat lubang saja. Sedangkan sumur peresapan yang sudah dilapisi Geotextile Non Woven, air dapat meresap tidak hanya di dasar melainkan juga pada dinding sumur.

Fungsi Modular Tank

Modular Tank atau sering disebut Tangki Modular adalah material yang berbentuk balok-balok berongga yang berfungsi sebagai material yang dipasang pada struktur drainase bawah permukaan.

  • Menampung air hujan​
  • Mengurangi limpasan air hujan​
  • Dapat mempertahankan lingkungan asli​
  • Menyediakan ekologis sistem air hujan yang berkelanjutan​
  • Instalasi cepat​

Keunggulan Sumur Resapan Dengan Geotextile dan Modular Tank

Seperti yang sudah dijelaskan di awal baik dari pengertian dan fungsi Geotextile pada bangunan peresapan air, tentu material tersebut memiliki berbagai keunggulan, berikut diantaranya.

  • Aplikasi pemasangan Geotextile Non Woven pada sumur resapan, akan membantu mengalirkan air kedalam tanah dengan cepat, karena Geotextile memiliki sifat permeabilitas tinggi.
  • Keunggulan yang kedua yaitu Geotextile Non Woven dapat menyaring partikel tanah dan pasir yang terbawa air ke segala arah baik pada dasar dan semua dinding bangunan peresapan tersebut.

Demikian informasi terkait penggunaan Geotextile Non Woven yang diaplikasikan untuk pembuatan sumur resapan air dengan Modular Tank.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geotextile Non Woven dan Woven di Indonesia. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan Geotextile untuk berbagai jenis proyek Anda termasuk proyek pembangunan sumur peresapan air.

jual geotextile non woven harga murah langsung dari supplier pabrik

Untuk info permintaan penawaran harga Geotextile Non Woven, Hubungi tim Marketing Engineer kami, melalaui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?