Terpal Tambak Garam dengan Geomembrane, Fungsi dan Keunggulannya

Terpal Tambak Garam dengan Geomembrane, Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Terpal tambak garam dengan Geomembrane, mengenal fungsinya sebagai material alas tambak garam dan keunggulannya untuk meningkatka kualitas dan hasil panen garam.

Fungsi Terpal Geomembrane untuk Tambak Garam

Berdasarkan informasi dari  Jurnal AgroSainTa Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemanfaatan Geomembrane sebagai alas tambak garam untuk mempercepat proses pengkristalan garam yaitu hanya 14 hari dibandingkan cara tradisional yang butuh waktu 30 hari, berdasarkan informasi ANTARA News yang diliput dari petambak garam Pamekasan yang sudah menggunakan teknologi geomembrane untuk alas tambak garam.

Berikut dokumentasi panen garam di area tambak garam yang sudah menggunakan Geomembrane sebagai alas tambak garam oleh PT. Garam, dikutip dari halaman Youtube PT. Garam Official

Keunggulan Penggunaan Terpal Tambak dengan Geomembrane

Lalu apa saja keunggulan yang didapatkan oleh petambak garam jika menggunakan Geomembrane sebagai alas tambak garam, berikut diantarnya:

1. Mempercepat Proses Kristalisasi Garam

Dengan menggunakan geomembrane untuk alas tambak akan membantu mempercepat proses kristalilsasi garam atau evaporasi air laut. Karena warna hitam geomembrane sebagai alas tambak akan lebih banyak menyerap panas. Dari hasil pengamatan oleh beberapa petani garam, waktu evaporasi dengan kolam konvensional sekitar 25 hari, sedangkan dengan kolam geomembrane lebih cepat hanya 14 hari.

2. Meningkatkan Produksi Garam

Pemanfaatan geomembrane untuk pembuatan kolam penguapan garam mampu menghalang air laut pada proses kristalisasi garam menyatu dengan tanah tambak. Sehingga kristalisasi garam semakin banyak dan saat pemanenan akan mudah dilakukan.

3. Menjaga Kebersihan Garam

Menggunakan geomembrane sebagai alas kolam penguapan garam menjadi solusi terbaru untuk mencegah kotoran tercampur dengan garam pada saat kristalisasi garam. Tambak yang menggunakan alas geomembrane, garam tidak akan tercampur dengan kotoran sekitar yang umumnya berasal dari tanah dan cairan sekitar tambak.

Untuk Anda petani garam atau perusahaan garam yang ingin mengetahui lebih tentang pemanfaatan geomembrane sebagai alas tambak garam.

jasa pasang terpal tambak garam dengan geomembrane

Hubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik untuk konsultasi lebih lanjut pemilihan produk Geomembrane dan jasa pasang geomembrane yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?