Aplikasi Geotextile Non Woven Pada Penanganan Banjir dan Longsor

Aplikasi Geotextile Non Woven Pada Penanganan Banjir dan Longsor

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geotextile Non Woven pada penanganan banjir digunakan untuk mencegah deformasi pada tanah longsor atau perkuatan timbunan dan tanggul, sekaligus untuk stabilisasi tanah.

Pada beberapa penanganan banjir di Indonesia dengan dampak tanggul jebol, longsor dan kerusakan infrastruktur lainnya, material geotextile non woven sering diaplikasikan dalam penanganan kerusakan tersebut.

Penggunaan geotextile non woven pada penanganan banjir dan tanggul jebul digunakan untuk mencegah deformasi yang menyebabkan kerusakan infrastruktur atau bangunan di atasnya, dilansir dari dari Simantu Kementerian PUPR.

Mengenal apa itu Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven adalah salah satu jenis material geotextile yang berbentuk seperti karpet namun terbuat dari bahan dasar Polipropilena (PP) atau Poliester (PET). Geotextile diproduksi dengan cara tidak dianyam (geotextile non woven) dengan teknologi canggih.

supplier geotextile non woven

Fungsi Geotextile Non Woven Pada Penanganan Banjir

Apa saja fungsi geotextile non woven yang digunakan dalam penanganan banjir di banyak lokasi di Indonesia, berikut beberapa fungsi utamanya, yang wajib kamu tahu.

1. Separasi

Geotextile non woven yang dipasang pada badan jalan tol berfungsi untuk media pemisah antara tanah dasar (perkuatan subgrade) dengan agregat atau timbunan pada pondasi jalan.

2. Filtrasi dan Drainase

Drainase

Kemudian fungsi yang kedua, geotextile non woven berfungsi sebagai lapisan sistem drainase dan filtrasi. Geotextile memiliki permeabilitas yang tinggi sehingga dapat menahan butiran halus dan dapat mengalirkan air dengan baik.

3. Perkuatan

Geotextile non woven juga digunakan untuk lapis perkuatan pada tanah dasar atau badan jalan, karena geotextile memiliki kuat tarik dan daya gesek yang tinggi.

Keunggulan Geotextile untuk Perkuatan Timbunan

Apa saja keunggulan pedari material Geotextile sendiri diantaranya yaitu sebagai berikut

  1. Memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.
  5. Memiliki bukaan pori kecil dengan permeabilitas yang tinggi, sehingga air dapat mengalir tanpa membawa material
  6. Memiliki ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik sebagai material pemisah dan penyaring
  7. Tahan terhadap sinar UV

Selain beberapa keunggulan yang sudah disebutkan di atas, aplikasi penggunaan geotextile non woven pada beberapa jenis proyek memiliki fungsi yang beragam.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah supplier geotextile di Indonesia yang melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile yang menjangkau seluruh Indonesia.

jual geotextile non woven harga murah langsung dari supplier pabrik

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?