Aplikasi Geotextile Non Woven untuk Rekonstruksi Jalan

Aplikasi Geotextile Non Woven untuk Rekonstruksi Jalan Aspal Beton Tol

Bagikan Artikel Ini:

Aplikasi Geotextile Non Woven Pada Rekonstruksi Jalan untuk Daya Dukung Tanah Dasar Badan Jalan dan Meningkatkan Perkuatan Lapisan Perkerasan baik Aspal ataupun Beton.

Apa itu Geotextile Non Woven?

Sebelum Anda mengetahui berbagai fungsi material geotextile non woven, yuk kenali terlebih dahulu apa itu material geotextile non woven.

supplier geotextile non woven

Geotextile Non Woven atau Geotekstil Non Woven adalah material yang berbentuk lembaran seperti kain karpet, sehingga material ini juga sering dinamakan karpet atau kain geotekstil non woven.

Jika dilihat secara kasat mata, bentuk fisiknya memang menyerupai karpet pada umumnya, namun berbeda sekali sebenarnya. Karena kain geotekstil non woven ini terbuat dari bahan serat polyester atau polipropilen yang tersusun tidak beraturan. Karena fungsinya sendiri juga khusus untuk filtrasi, separasi dan stabilisasi material pertanahan.

Untuk mengetahui apa saja fungsi dari kain geotekstil, berikut penjelasan selengkapnya.

Fungsi Geotekstil Non Woven untuk Konstruksi Jalan

Apa saja fungsi geotekstil non woven yang diaplikasikan pada struktur jalan baik tipe perkerasan lentur (aspal) atau tipe perkerasan kaku (beton), berikut fungsi utamanya:

1. Pemisah (Separator)

Material geotekstil non woven dapat diaplikasikan sebagai material perbaikan dan pembangunan jalan raya yang berfungsi pemisah antara tanah perkerasan dan tanah lunak pada jalan aspal, beton dan pemasangan paving block.

Contoh pengaplikasian geotekstil non woven yaitu pada proyek pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak (misalnya berlumpur). Pada proyek ini, Geotextile mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan, sehingga tidak terjadi pumping effect yang akan mudah merusak perkerasan jalan. Selain itu keberadaan Geotextile juga mempermudah proses pemadatan sistem perkerasan.

2. Penyaring (Filtrasi)

Geotekstil non woven juga memiliki keunggulan yaitu memiliki permeabilitas yang tinggi, sehingga dapat berfungsi untuk mengalirkan aliran air tanpa membawa material tanah.

Aplikasi geotekstil untuk penyaring yaitu biasanya digunakan pada pembangunan subdrain atau drainase bawah permukaan tanah.

3. Stabilisasi (Stabilisator)

Kain geotekstil non woven juga memiliki gaya tarik yang kuat, sehingga fungsi geotextile non woven ini untuk meratakan beban dengan rata sehingga stabilisasi tanah pada proses pengurugan akan lebih kuat.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geotextile non woven untuk produk lokal dan import. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile non woven untuk berbagai jenis proyek Anda. Kami melayani jasa pengiriman dan pemasangan seluruh Indonesia.

jual geotextile non woven harga murah langsung dari supplier pabrik

Untuk informasi dan konsultasi pemilihan material geotekstil non woven untuk proyek jalan, silahkan menghubungi kami melalui halaman kontak kami, atau bisa langsung melalui Whatsapp tim kami berikut.

jasa pemasangan geotextile

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?