BUBK Kebumen, Tambak Udang Modern Gunakan Geomembrane

BUBK Kebumen, Tambak Udang Modern Gunakan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

BUBK Kebumen, tambak udang modern yang gunakan Geomembrane untuk lapisan kedap air ramah lingkungan, sekaligus dapat membantu tingkatkan hasil panen.

Tambak Udang Kebumen Gunakan Geomembrane

Mengenal tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) yang menggunakan teknologi modern salah satunya penggunaan Geomembrane sebagai alas tambak.

Tambak budidaya udang yang berlokasi di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Sebagai informasi, BUBK ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Kamis, 9 Maret 2023 dan diresmikan panen perdananya oleh Wapres Ma’ruf Amin pada tanggal 26 Juni 2023.

Berikut beberapa dokumentasi saat Presiden Jokowi melakukan peresmian tambak dan Wapres Ma’ruf Amin meresmikan panen perdana tambak udang di Kebumen di selang waktu kurang lebih tiga bulan.

Dokumentasi Peresmian Tambak Udang Kebumen

Dokumentasi Peresmian Panen Udang Perdana di BUBK Kebumen

Keunggulan Penggunaan Geomembrane Pada Tambak

Geomembrane merupakan material dibuat dari bahan sintetik HDPE yang memiliki impermeable tinggi. Material tersebut menjadi satu-satunya teknologi modern yang banyak diaplikasikan untuk lapisan kedap air dan gas pada kolam tambak.

Lalu apa saja keuntungan atau keunggulan dari penggunaan Geomembrane yang kita pasang pada tambak udang? Berikut berbagai keuntungan dasar apabila kita menggunakan Geomembrane untuk alas tambak udang.

1. Perawatan Kolam Lebih Mudah

Jika kolam tanah perawatan antarmusim budidaya hingga 30 hari, dengan kolam geomembrane cukup membutuhkan waktu satu mingguan.

2. Kualitas Air Selalu Terjaga

Pelapisan geomembrane pada kolam, akan membantu meminimalisir kekeruhan air akibat tercampurnya tanah dan kotoran udang. Berbeda dengan kolam tanah, pasti akan lebih mudah kotor. Selain itu pembersihan dasar dan dinding kolam selama budidaya lebih mudah dilakukan.

3. Padat Tebar Benih Lebih Banyak

Dengan kolam yang bersih dan luas tentu akan membantu meningkatkan kapasitas tebar benih dan daya tampung kolam meningkat.

4. Proses Daur Hara Lebih Cepat

Proses daur hara lebih singkat dikarenakan tidak ada elemen tanah di dalam kolam, sehingga mempercepat proses daur hara (daur nutrien).

Demikian informasi terkait dengan aplikasi penggunaan Geomembrane yang menjadi salah satu teknologi modern dan sudah diterapkan pada tambak budidaya udang BUBK Kebumen.

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geomembrane untuk berbagai kebutuhan tambak udang dan ikan. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pasang geomembrane pada kolam tambak udang dan ikan menggunakan peralatan modern dan teknisi berpengalaman.

Hubunngi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp atau Telp atau bisa mengunjungi halaman kontak kami. terima kasih

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?