Drainase Bawah Permukaan dengan Geotextile

Drainase Bawah Permukaan dengan Geotextile

Bagikan Artikel Ini:

Drainase bawah permukaan dengan menggunakan Geotextile yang berfungsi untuk memfilter dan menahan perpindahan tanah tanpa terjadi penyumbatan dan erosi.

Lalu apa itu drainase dibawah permukaan, geotextile dan mengapa harus menggunakan Geotextile untuk memfilter tanah, yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Drainase Bawah Permukaan?

Drainase bawah permukaan (Subsurface Drainage) adalah drainase bawah tanah yang berfungsi untuk mengalirkan air limpasan permukaan melalui media dibawah permukaan tanah, dikutip dari halaman DPUPKP Kulon Progo dan Simantu Kementerian PUPR.

Mengenal apa itu Geotextile?

Geotextile atau geotekstil adalah salah satu jenis geosintetik yang terdiri dari dua jenis yaitu Geotextile Woven dan Geotextile Non Woven. Fungsi geotextile yaitu digunakan untuk material yang berfungsi sebagai penyaring, pemisah dan stabilisasi tanah. Penggunaan geotextile banyak digunakan untuk berbagai proyek perbaikan dan stabilisasi tanah.

Mengapa Drainase Bawah Permukaan Menggunakan Geotekstil?

Adapun penggunaan geotekstil pada drainase berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam sistem Subsurface Drainage. Selain itu geotekstil juga dapat berfungsi menahan perpindahan tanah setempat tanpa terjadinya penyumbatan.

Fungsi Geotextile pada Drainase Bawah Permukaan

Pada proyek jalan, geotextile diaplikasikan sebagai lapis Subsurface Drainage tanah yang bertujuan untuk mencegah masuknya air kedalam struktur jalan dan mengeluarkan air dari struktur jalan, sehingga tidak menimbulkan kerusakan jalan.

Dikutip dari halaman Binamarga Kementerian PUPR yang berjudul “Pedoman perencanaan teknis drainase bawah permukaan dengan menggunakan filter Geotekstil”. Dari penjelasan diatas, geotekstil digunakan untuk menggantikan penggunaan ijuk ijuk untuk filter pada aplikasi drainase porous tidak
diperkenankan dalam segala hal.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geotextile terlengkap. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kebutuhan pembuatan sistem drainase dibawah permukaan, Anda bisa konsultasikan kebutuhan jenis Geotextile dengan kami, hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung dengan tim Marketing Engineering melalui Whatsapp yang ada di halaman website kami ini.

Demikian artikel tentang informasi Subsurface Drainage dengan menggunakan Geotextile, semoga bermanfaat yang, terima kasih.

 

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?