Drainase Lapangan Bola dengan Geotextile dan Geopipe

Drainase Lapangan Bola dengan Geotextile dan Geopipe

Bagikan Artikel Ini:

Sistem drainase lapangan bola dengan Geotextile dan Geopipe, solusi untuk mencegah genangan air pada saat hujan dan setelah hujan. Drainase lapangan olahraga sangat perlu direncanakan dan dibangun dengan baik sehingga dapat menjamin penggunaannya sebaik mungkin.

Lalu apa saja fungsi drainase lapangan olahraga tersebut dibangun? Dan seperti apa pemanfaatan Geotextile serta Geopipe dalam pembangunan sistem drainase lapangan bola, yuk simak pada penjelasan berikut ini.

Fungsi Sistem Drainase Lapangan Sepak Bola

Pembuatan sistem drainase untuk lapangan olahraga khususnya lapangan sepak bola berfungsi untuk mengalirkan air dengan cepat baik saat hujan dan setelah hujan, dikutip dari halaman Kementerian Setneg RI.

Agar drainase lapangan sepak bola dapat berfungsi dengan baik, sangat disarankan membangun sistem drainase bawah pemukaan menggunakan lapisan Geotextile dan Geopipe.

Tujuan dibuatnya sistem drainase pada lapangan olahraga yaitu untuk mengeringkan lapangan agar tidak terjadi genangan saat hujan dan setelah hujan. Sehingga saat digunakan tidak akan menyulitkan permainan bola.

Fungsi Geotextile dan Geopipe

Pada sistem drainase bawah permukaan, geotextile dan geopipe menjadi solusi terbaik untuk mengatasi genangan air saat hujan dan setelah hujan.

Geotextile Non Woven adalah material yang berbentuk seperti karpet, sehingga juga sering disebut karpet geotextile. Sedangkan Geopipe atau HDPE Corrugated Pipe adalah pipa berlubang dan bergelombang yang berfungsi untuk mengalirkan air dibawah permukaan tanah.

Cara Pemasangan Geotextile dan Geopipe Pada Lapangan Bola

Berikut cara instalasi Geotextile dan Geopipe (HDPE Corrugated Pipe) pada sistem drainase bawah permukaan (Drainase Sub Surface) di lapangan sepak bola.

Cara Pemasangan Geotextile dan Geopipe di Sistem Drainase Lapangan Sepak Bola

  1. Gali parit dengan kedalaman sekitar 30cm dan lebar 15 – 20 cm.
  2. Gelar material Geotextile pada cekungan parit.
  3. Isi parit dengan material agregat sebagai bantalan dengan ketinggian 5cm sampai dengan 8cm. Kemudian tempatkan HDPE Corrugated Pipe diatasnya.
  4. Isi kembali agregat diatas pipa HDPE Corrugated.
  5. Bungkus dan tutup bagian atasnya dengan material Geotextile.
  6. Setelah selesai tutup dan padatkan dengan tanah.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier Geotextile dan HDPE Corrugated Pipe. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile dan HDPE Corrugated Pipe untuk lapangan sepak bola yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Hubungi kami untuk informasi selanjutnya melalui halaman kontak kami, atau bisa langsung menghubungi tim Marketing Engineering melalui Whatsapp yang tertera di halaman website ini.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?