Erosion Control Mat Tipe I, II, dan III (Matras Perkuatan)

Erosion Control Mat Tipe I, II, dan III (Matras Perkuatan)

Bagikan Artikel Ini:

Erosion Control Mat Tipe I, II, dan III (Matras Perkuatan) yang berfungsi sebagai material pengendalian erosi yang ramah lingkungan, berikut informasi selengkapnya.

Sebagai informasi, Erosion Control Mat atau Selimut Pengendali Erosi adalah material yang dibuat dari serat alami atau serat polimer yang tersusun seperti jaring dengan teknologi canggih.

Material selimut pengendali erosi sering digunakan oleh banyak kontraktor di Indonesia dan Kementerian PUPR dalam proyek penanganan longsoran jalur Kebun Kopi Sulteng dengan memasang material selimut pengendali erosi yang sekaligus media tumbuhnya vegetasi baru.

Jenis Erosion Control Mat Berdasarkan Tipenya

Material selimut pengendali erosi dapat dibedakan berdasarkan tipenya, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Selimut Pengendali Erosi Tipe I

Material ini terbuat dari serat alami. Material tipe didesain untuk dapat tahan proses degradasi selama minimal 6 bulan. Tipe I ini digunakan untuk perlindungan lereng jangka panjang dari erosi dan melindungi vegetasi yang tumbuh diantara lapisan-lapisan tersebut.

2. Selimut Pengendali Erosi Tipe II

Selimut pengendali erosi tipe II ini adalah material dari bahan serat polimer disatukan secara mekanis antara dua lapisan jaring sintetis yang membentuk sebuah matriks menerus dan material ini sering disebut sebagai Geomat.

Geomat adalah salah satu jenis material geosintetik yang digunakan untuk konservasi tanah dan berfungsi untuk mengendalikan erosi dan melindungi lereng perbukitan. Geomat mampu menstabilkan permukaan tanah sehingga menjaga dan menahan tanah dari potensi erosi.

Adapun tipe Geomat bisa dibedakan berdasarkan ketebalannya yang bisa Anda baca di halaman Jenis Geomat EM2, EM3, EM4 dan EM5.

Bentuk Material Geomat
Bentuk Material Geomat merek Envimate

Seperti yang kami kutip dari halaman pengendali erosi lereng di Kementerian PUPR, Geomat (Erosion Control Mat) sangat efektif digunakan sebagai solusi selimut pengendalian erosi permukaan lereng pada waktu penanaman vegetasi baru berlangsung.

3. Selimut Pengendali Erosi Tipe III (Matras Perkuatan)

Selimut pengendali erosi tipe III atau yang juga disebut dengan matras perkuatan ini disusun dari serat sintetis, filamen, jaring, jaring kawat, yang diproses menjadi suatu matriks tiga dimensi. Aplikasi penggunaan yaitu untuk mencegah erosi lereng dan perlindungan vegetasi tumbuh pada lereng.

Demikian informasi terkait dengan penjelasan apa itu Erosion Control Mat yang dibedakan berdasarkan tipenya. Sebagai informasi juga, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier material pengendali erosi  atau Geomat yang melayani penjualan dan jasa pengiriman seluruh Indonesia.

supplier selimut pengendali erosi tipe ii, i dan iii

Untuk terhubung dengan kami, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami untuk konsultasi pengadaan Geomat dan permintaan harga.

 

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?