Mengenal Jenis Geomat EM2, EM3, EM4 dan EM5

jenis geomat em2, em3, em4, em5

Bagikan Artikel Ini:

Jenis Geomat atau Erosion Control Mat yang digunakan untuk material selimut pengendali erosi lereng memang beragam. Ada empat jenis atau tipe yang semua menjadi solusi pengganti penggunaan Cococmesh.

Karena itu, Geomat menjadi salah satu material sintetik yang bisa menggantikan material Cocomesh, untuk  digunakan sebagai selimut pengendali erosi atau melindungi vegetasi pada saat pembentukan lereng dengan metode taplok maupun hydroseeding untuk penanaman vegetasi seperti rumput vetiver atau akar wangi atau kara benguk (Mucuna pruriens).

Keunggulan geomat jika dibandingkan dengan Cocomesh diantaranya yaitu tidak mudah rapuh atau rusak, kemudian lebih kuat untuk menahan batang dan akar tumbuhan vegetasi seperti rerumputan.

Dikutip dari halaman Kementerian PUPR, Geomat (Erosion Control Mat) sangat efektif digunakan sebagai solusi selimut pengendalian erosi permukaan lereng pada waktu penanaman vegetasi baru berlangsung.

Lalu apa saja sih macam-macam Geomat berdasarkan bentuk atau ukurannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Ukuran dan Jenis Geomat

Material geomat terdiri dari 4 jenis, diantaranya yaitu EM2, EM3, EM4 dan EM5. Dari empat jenis tersebut tentu memiliki spesifikasi dan ukuran diameter roll standar yaitu antara 2 meter x 30 meter hingga 2 meter x 50 meter. Dari keseluruhan ukuran tersebut, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Geomat EM2

geomat em2 dua layer

Geomat EM2 adalah material geomat yang terdiri dari dua layer atau dua lapisan material. Jenis ini merupakan jenis yang paling ekonomis untuk berbagai jenis proyek perkuatan lereng untuk jalan dengan kemiringan yang tidak terlalu curam.

2. Geomat EM3

geomat em3 tiga layer

Material Geomat EM3 merupakan material yang terdiri lapisan material atau tiga layer, memungkinkan material ini dapat dijadikan material selimut pengendali erosi lereng yang lebih kuat dibandingkan dengan jenis EM2.

3. Geomat EM4

geomat em4 empat layer

Jenis Geomat EM4 yaitu jenis atau tipe geomat dengan empat lapisan material yang sangat kuat dan cocok digunakan pada kemiringan lereng atau tebing yang curam. Kelebihan jenis ini yaitu lebih baik dengan jenis EM3 untuk mengikat batang hingga akar vegetasi.

4. Geomat EM5

geomat em5 lima layer

Geomat EM5 ialah material dengan lima lapisan layer yang sangat tebal, sangat cocok digunakan pada lereng atau tebing yang sangat curam, basah atau cenderung berair. Sehingga material geomat tipe EM5 sangat dibutuhkan pada proyek-proyek yang sangat curam.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan perusahaan distributor atau supplier Geomat dengan beragam jenis tersebut. Kami melayani konsultasi pemilihan produk sesuai dengan kebutuhan Anda di proyek.

Selain itu kami juga melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan Geomat untuk beragam jenis proyek penanaman vegetasi baru pada proyek perkuatan, stabilisasi lereng di seluruh Indonesia.

jual geomat selimut pengendali erosi

Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi kami melalui halaman kontak kami dengan tim Marketing Engineer kami via Whatsaap, Telp atau Email dan bisa langsung berkunjung ke kantor kami di Tangerang.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?