Fungsi Geomembrane untuk Budidaya Udang Vaname

Fungsi Geomembrane untuk Budidaya Udang Vaname - CV mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal fungsi Geomembrane untuk budidaya udang vaname sebagai solusi alas tambak yang lebih baik untuk tingkatkan produktivitas udang. Lalu bagaimana penerapan dan manfaat geomembrane untuk dijadikan alas pada kolam tambak udang, simak penjelasanya berikut ini.

Mengenal apa itu Geomembrane?

Geomembrane atau sering juga disebut karpet geomembrane adalah material berbahan dasar HDPE atau LDPE, bentuknya seperti terpal pada umumnya. Namun bedanya yaitu geomembrane jauh lebih baik dari pada karpet yang terbuat dari bahan plastik biasa.

Keunggulan dan Manfaat Geomembrane untuk Tambak Udang

Dikutip dari halaman Kementerian KKP, banyak keuntungan, kelebihan dan keunggulan geomembrane untuk budidaya udang vaname yang berkelanjutan. Geomembrane HDPE ataupun LDPE memiliki daya lapis kedap air yang lebih bagus, apa saja keunggulan geomembrane untuk tambak udang, berikut penjelasannnya.

1. Meningkatkan Hasil Panen Udang

Dikutip dari halaman penggunaan geomembrane sebagai alas tambak udang, dapat membantu meningkatkan hasil panen. Karena dengan alas tambak geomembrane, dapat mengurangi terjadinya kekeruhan air tambak yang berasal dari pencemaran tanah atau lumpur.

2. Mengurangi Risiko Penyakit

Geomembrane memiliki daya lapis kedap air yang sangat baik, sehingga fungsi geomembrane pada tambak udang dapat mengurangi risiko munculnya penyakit dan bakteri pada tambak. Sehingga hal tersebut juga akan mengurangi biaya untuk obat-obatan.

3. Mengurangi Resiko Kekurangan Air

Fungsi penggunaan geomembrane pada tambak udang vaname, akan membantu mengurangi resiko surutnya air akibat meresap ke dalam tanah. Karena sifat kedap air pada geomembrane sangat baik, sehingga petani udang tidak perlu kawati dengan surutnya air pada tambak.

4. Mempertahankan Kualitas Air

Dengan menggunakan alas geomembrane pada tambak, kualitas air akan lebih baik bila dibandingkan dengan kolam terpal biasa, beton atau tanpa alas. Hal tersebut tentu akan membantu meningkatkan kejernihan air tambak.

5. Mengurangi Biaya Pompa Air

Penggunaan geomembrane untuk alas tambak udang vaname, akan membantu mengurangi kehilangan air akibat meresap kedalam tanah. Sehingga intensitas penambahan air tidak sering dilakukan, hal ini akan jauh lebih ekonomis.

6. Mengurangi Biaya Perawatan Tambak

Pemanfaatan geomembrane untuk dijadikan alas tambak akan jauh lebih ekonomis. Karena geomembrane memiliki banyak keunggulan antara lain kedap air, tahan sinar uv, tahan panas, tahan larutan zat kimia. Selain itu geomembrane tidak mudah rapuh, sobek dan berlubang. Usia penggunaan geomembrane bisa digunakan dalam kurun waktu yang lebih lama.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah supplier geomembrane di Indonesia dengan pilihan produk lokal dan import. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk berbagai kebutuhan ukuran tambak udang vaname yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Untuk kebutuhan geomembrane pada tambak Anda, silahkan konsultasikan kebutuhannya dan ajukan penawaran harga kepada tim kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung hubungi kami




supplier geomembrane hdpe harga murah - cv mutu utama geoteknik

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?