Fungsi Geobag untuk Proyek Sumber Daya Air

Fungsi Geobag untuk Proyek Sumber Daya Air - CV Mutu Utama Geoteknik

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal berbagai fungsi Geobag atau sandbag sebagai material pendukung proyek konservasi air atau pembangunan, perbaikan dan perlindungan infrastruktur sumber daya air. Namun sebelum kita mengetahui beragam manfaat geobag, yuk simak apa itu geobag pada penjelasan berikut.

Mengenal apa itu Geobag?

Sandbag atau Geobag adalah material berbentuk yang diproduksi menggunakan kain geotextile non woven. Geobag memiliki ukuran yang bervariatif, pembuatan geobag di pabrik dibuat sesuai dengan kebutuhan proyek di lapangan. Sebelum digunakan geobag atau sandbag harus diisi material yang berupa tanah, pasir atau kerilil. Dan kemudian karung sudah terisi barulah dapat diaplikasikan untuk berbagai fungsi dilapangan.

Apa saja fungsi geobag yang kini sudah banyak diaplikasikan atau dimanfaatkan untuk berbagai proyek sumber daya air atau konservasi air di dunia termasuk Indonesia, berikut penjelasan selengkapnya tentang manfaat dari material tersebut.

Fungsi Sandbag atau Geobag

Geobag atau sandbag kini sudah banyak digunakan untuk berbagai proyek pembangunan sumber infrastruktur sumber daya air. Untuk mengetahui berbagai kegunaan material tersebut, simak pada penjelasan berikut ini.

1. Perlindungan Pantai

Pada berbagai langkah dalam melindungi pantai dari berbagai ancaman kerusakan pantai akibat alam dan manusia, geobag sering digunakan untuk mendukung berbagai proyek pembangunan perlindungan pantai. Material geobag disusun sesuai dengan kebutuhan untuk melindungi garis pantai dari arus ombak dan lain-lain.

2. Pengendalian Abrasi

Sebagai langkah yang kongkrit dalam penanganan dan pengendalian abrasi pantai, geobag dapat dimanfaatkan sebagai bangunan pengendalian abrasi. Geobag disusun pada garis pantai yang rentang terhadap ancaman abrasi pantai.

3. Perkuatan Lereng

Geobag juga dapat diaplikasikan pada perlindungan dan perkuatan lereng. Lereng yang dimaksud yaitu berbagai jenis lereng seperti lereng bukit, lereng jalan dan lereng jalan rel kereta api dan struktuk lereng jembatan. Geobag disusun diberbagai permukaan lereng tersebut guna mencegah erosi atau longsoran.

4. Pemecah Gelombang

Untuk mencegah berbagai ancaman gelombang laut yang terkadang merusak daratan pantai, geobag dapat diaplikasikan untuk pembuatan pemecah gelombang ambang rendah (PEGAR). Untuk mengenal apa itu PEGAR, silahkan baca informasi selengkapnya di halaman Teknologi PEGAR.

5. Pembuatan Tanggul

Geobag atau sandbag juga banyak digunakan untuk berbagai proyek pembangunan dan pembuatan tanggul darurat atau permanen. Pembuatan tanggul darurat biasa dibangun untuk pengendalian banjir rob, banjir luapan sungai dan banjir bandang.

6. Revetment Pantai

Sebagai daya dukung pembangunan revetment pantai, geobag dapat diaplikasikan untuk berbagai bentuk bangunan revetment pantai sesuai kebutuhan. Revetment pantai yang dimaksud contohnya untuk melindungi daratan pantai yang banyak dimanfaatkan untuk pemukiman penduduk. Revetment pantai ini juga bertujuan juga untuk perluasan daratan dengan cara membangun pulau buatan.

7. Perkuatan Tebing Sungai

Pada berbagai jenis sungai yang memiliki tebing – tebing yang curam, kegunaan geobag disini dapat diaplikasikan sebagai material untuk perkuatan tebing sungai. Caranya, geobag disusun sesuai kebutuhan untuk melindungi tebing sungai dari ancaman erosi, abrasi atau longsoran akibat gerusan dan aliran air.

8. Pengendalian Erosi

Diberbagai proyek pengendalian erosi, geobag berfungsi untuk material pendukung sebagai pengendalian erosi pada daerah yang rawan erosi dan longsoran. Untuk permasalahan erosi yang sering terjadi, sandbag dapat disusun sebagai penahan longsoran sesuai kebutuhan dilapangan.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geobag atau sandbag terbaik untuk berbagai proyek Anda. Kami melayani penjualan geobag dengan spesikasi ukuran dan harga terbaik yang bervariatif sesuai kebutuhan Anda. Kami juga melayani jasa pengiriman dan jasa pemasangan geobag untuk berbagai jenis proyek Anda yang menjangkau seluruh Indonesia.

Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat menghubungi kami melalui halaman kontak kami, atau bisa langsung menghubungi tim kami melalui kontak Whatsapp berikut ini.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?