Fungsi Geomembrane untuk Kegiatan Penambangan Pertambangan - CV Mutu Utama Geoteknik

Fungsi Geomembrane untuk Kegiatan Penambangan

Mengenal beberapa fungsi Geomembrane untuk kegiatan pertambangan batu bara, emas, minyak, timah dan lainnya untuk menghindari pencemaran lingkungan. Apa saja kegunaan geomembrane pada berbagai kegiatan penambangan yang ada di Indonesia, simak selengkapnya di sini.

Kegunaan Geomembrane pada Kegiatan Penambangan

Material geomembrane diproduksi dari bahan Polietilena berdensitas tinggi (HDPE) yang merupakan material yang banyak keunggulan diantaranya memiliki daya kedap yang tinggi, tahan zat kimia, tahan panas dan sinar ultraviolet.

Dari berbagai keunggulan diatas kini banyak proyek pekerjaan yang menggunakan geomembrane untuk lapisan kedap. Apa saja kegunanaan atau fungsi geomembrane khususnya pada pekerjaan pertambangan, berikut diantaranya.

1. Pelapis Kedap untuk Kolam Pengendapan

Kolam pengendapan atau settling pond adalah kolam tambang yang berfungsi untuk tempat menampung air tambang untuk mengendapkan partike material padat. Penggunaan Geomembrane pada kolam pengendapan di area pertambangan berfungsi sebagai lapisan kedap air yang dipasang sebagai alas kolam pengendapan.

Tujuannya yaitu agar berbagai material dan zat yang dihasilkan dari berbagai jenis pertambangan tidak meresap ke tanah agar tidak mencemari lingkungan baik air dan tanah sekitar.

2. Alas untuk Heap Leaching

Heap Leaching adalah metode penyemprotan tumpukan material hasil tambang, umumnya pada tambang emas. Pada area heap leaching ini, geomembrane digunakan sebagai alas tumpukan material untuk melindungi pencermaran air tanah akibat cairan kimia yang digunakan pada metode heap leaching.

3. Pelapis Kedap untuk Tailing Impoundments

Tailing Impoundments adalah kolam stabilisasi / kolam limbah hasil kegiatan pertambangan. Geomembrane digunakan sebagai lapisan kedap yang dipasang di kolam limbah pertambangan untuk melindungi limbah agar tidak mencemari lungkan sekitar.

Nah, dari informasi diatas kita bisa tahu apa itu kegunaan atau berbagai manfaat geomembrane pada kegiatan penambangan. Jadi pastikan berbagai proyek tambang kamu, tetap selalu menjaga lingkungan dari pencemaran  akibat proses pertambangan.

Sebagai informasi, jika Anda membutuhkan pengadaan geomembrane untuk berbagai jenis pertambangan. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geomembrane, yang melayani penjualan, pengiriman dan jasa pemasangan geomembrane untuk kegiatan proyek pertambangan seluruh Indonesia. Untuk informasi selengkapnya hubungi kami melalui halam kontak kami atau Whatsapp berikut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Hubungi kami
Halo saya Dany,
Ada yang bisa kami bantu?