Fungsi Geotextile untuk Struktur Jalan Tol - CV Mutu Utama Geoteknik

Fungsi Geotextile untuk Struktur Jalan Tol

Mengenal fungsi Geotextile Non Woven pada struktur perkerasan jalan tol sebagai material pemisah (separation) dan penyaring (filtration). Bagaimana geotextile non woven dapat membantu stuktur jalan tol agar lebih awet, tidak bergelombang, tidak retak, tidak berlubang, dan tidak bergelombang. Berikut beberapa fungsi geotextile untuk perkerasan jalan tol selengkapnya.

1. Geotextile Non Woven untuk Pemisah (Separation)

Pemasangan material Geotextile Non Woven pada struktur jalan tol berfungsi untuk material pemisah (separation) antara dua lapisan material atau tanah dasar (subgrade) dan material timbunan. Tujuan pemasangan material tersebut juga agar sirkulasi air tidak terhambat. Sehingga tanah dasar dan timbunan tidak akan bercampur, hal ini sebagai daya dukung perkuatan subgrade dan timbunan pada perkerasan jalan tol.

2. Geotextile Non Woven untuk Penyaring (Filtration)

Penggunaan geotextile non woven untuk perkerasan jalan tol juga berfungsi untuk penyaring (filtration) anatara material tanah dan air. Proses penyaringan dengan geotextile non woven akan mencegah partikel tanah terbawa aliran air pada struktur lapisan jalan tol. Dengan pemasangan geotextile non woven pada perkerasan jalan tol, akan membantu meminimalisir kerusakan jalan tol akibat lapisan tanah yang tidak stabil. Berdasarkan analisis stabilitas timbunan pada badan jalan tol yang menggunakan geotextile, penggunaan material geotextile efektif meminimalisir penurunan tanah dan longsoran, dikutip dari halaman Dspace UII.

Keuntungan Penggunaan Geotextile untuk Jalan Tol

Jika kita sudah mengetahui beragam fungsi geotextile seperti penjelasan diatas, tentu saja ada banyak keuntungan yang didapatkan ketika pembangunan dan perbaikan jalan tol juga memanfaatkan material geotextile jadi bagian struktur jalan tol. Adapun keuntungan dari penggunaan material geotextile pada jalan tol diantaranya: 1. Tidak retak 2. Tidak berlubang 3. Jalan mulus 4. Tidak bergelombang Dari berbagai keuntungan diatas, tentu akan sangat berdampak pada biaya perawatan jalan yang semakin ringan. Karena dalam jangka panjang, jalan tol yang menggunakan struktur lapisan geotextile tidak membutuhkan banyak perawatan yang berulang. Sebagai informasi, jika Anda membutuhkan pengadaan material Geotextile untuk berbagai jenis proyek Anda. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik sebagai supplier Geotextile di Indonesia menyediakan produk geotextile  lokal dan import. Kami juga melayani jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile untuk proyek jalan tol yang menjangkau seluruh Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui halaman kontak kami, atau bisa langsung Whatsapp melalui tim kami berikut.  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Hubungi kami
Halo saya Dany,
Ada yang bisa kami bantu?