Fungsi Geomembrane untuk Sistem Pengolahan Air Limbah

Fungsi Geomembrane untuk Sistem Pengolahan Air Limbah

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geomembrane untuk Sistem Pengolahan Air Limbah atau IPAL Sangat Penting Yaitu Digunakan untuk Pelapis Kedap Air Ramah Lingkungan.

Untuk mengenal apa itu fungsi dan keunggulan Geomembrane pada Sistem Pengolahan Air Limbah, berikut ulasannya.

Mengenal apa itu Sistem Pengolahan Air Limbah

Sistem Pengolahan Air Limbah (IPAL) adalah singkatan dari Instalasi Pengolahan Air Limbah yang dirancang untuk membuang limbah biologis dan kimiawi dari air sehingga memungkinkan air tersebut untuk digunakan pada aktivitas yang lain, dikutip dari Kementerian PUPR.

Instalasi Pengolahan Air Limbah berfungsi untuk mengelola limbah dari berbagai jenis diantaranya yaitu:

  • Limbah Pertanian dan Peternakan digunakan untuk membuang kotoran hewan, residu pestisida, dan sebagainya dari lingkungan pertanian.
  • Limbah Industri digunakan untuk mengolah limbah cair dari aktivitas manufaktur sebuah industri dan komersial, termasuk juga aktivitas pertambangan.
  • Limbah Rumah Tangga dan Perkotaan yang dihasilkan dari aktifitas manusia yaitu dari aktifitas rumah tangga.

Untuk melindungi dari pencemaran lingkungan akibat dari pengelolaan dan penampungan air limbah, kini Pemerintah sudah merekomendasikan agar setiap penampungan atau penimbunan limbah harus di lapisi dengan material kedap air berupa Geomembrane. Apa itu geomembrane dan apa saja fungsinya, simak informasinya berikut ini.

Fungsi Geomembrane di Kolam IPAL

Apa saja fungsi dari pemasangan Geomembrane di kolam IPAL? Aplikasi geomembrane pada kolam IPAL bertujuan untuk melapisi kolam limbah. Pelapisan tersebut akan memproteksi kolam limbah dari rembesan atau kebocoran.

Material Geomembrane sangat direkomendasikan oleh Kementerian LHK RI sebagai material lapis kedap untuk menimbun atau menampungan limbah berbahaya.

Geomembrane yang digunakan yaitu terbuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki ketebalan antara 1,5 – 2,0 mm (satu koma lima sampai dengan dua koma nol milimeter).
  • Harus dirancang agar tahan terhadap semua tekanan selama instalasi, konstruksi, operasi dan penutupan fasilitas penimbunan atau penampungan limbah.
  • Material Geomembrane juga harus memiliki standar dari American Society of Testing Materials (ASTM) yaitu D4437-08 (2013) atau metode lain yang setara.

Keunggulan Geomembrane

Material yang terpasang pada kolam IPAL untuk lapisan kedap air memiliki keunggulan utama diantaranya sebagai berikut:

  • Kedap Air dan Udara
  • Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
  • Tahan Terhadap Cairan/Zat Kimia
  • Perawatan Mudah dan Tahan Lama

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier dan aplikator Geomembrane untuk kolam limbah baik untuk kolam IPAL atau kolam stabilisasi lainnya.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Untuk informasi permintaan harga, jasa pengiriman dan pemasangan Geomembrane silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?