Pemasangan Geomembrane di TPA, Ini Fungsi dan Keunggulannya

Pemasangan Geomembrane di TPA, Ini Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Pemasangan Geomembrane di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir Sampah), Ini Fungsi dan Keunggulannya Agar Tempat Pembuangan Sampah Ramah Lingkungan.

Mengenal apa itu TPA

Menurut sumber yang kami kutip dari laman Kementerian PUPR, TPA adalah singkatan dari Tempat Pemrosesan Akhir atau biasa juga disebut sanitary landfill merupakan tempat untuk memroses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan. Pemrosesan sampah didahului dengan mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah/volume sampah.

TPA berupa bangunan yang dibuat seperti kolam atau cekungan pada area yang luas. Bangunan tersebut berupa cekungan yang dalam dan luas yang berfungsi untuk menumpuk sampah rumah tangga dan sejenis rumah tangga. Landfill merupakan salah satu jenis sistem pengelolaan sampah terakhir dengan cara ditumpuk dan dipadatkan.

Untuk menghindari pencemaran air, tanah dan udara akibat dari tumpukan sampah di TPA, maka diperlukan teknologi pelapis kedap air yang berupa Geomembrane untuk menghindari pencemaran lingkungan.

ULTIMATE Geomembrane
Contoh Material Geomembrane Merk Ultimate

Lalu apa saja fungsi dan keunggulan dari pemasangan Geomembrane pada TPA, baca informasinya berikut. 

1. Pelapis Kedap Air Limbah Sampah (Air Lindi)

Penumpukan sampah yang terus menerus pada Landill atau tempat pembuangan akhir sampah dapat menghasilkan air lindi. Di dalam air lindi terdapat berbagai senyawa organik antara lain asam sulfat, hidrokarbon, galat dan tanat.

Kemudian dalam air lindi juga terdapat kandungan anorganik yang terdiri dari kalsium, natrium, nitrogen, kalium, magnesium, dan beragam senyawa logam berat yang berbahaya jika masuk ke dalam tanah sehingga bisa mencemari lingkungan.

Pencemaran air dan tanah akibat air lindi tersebut dapat dihindari dengan pemasangan geomembrane pada lapisan dasar dan dinding landfill. Untuk pemilihan dan pemasangan geomembrane pada TPA diperlukan spesifikasi geomembrane yang tepat.

2. Penutup Sampah dan Penahan Gas Metana (Biogas)

Selain sebagai pelapis kedap air pada dasar dan dinding landfill, geomembrane juga dapat diaplikasikan untuk penutup tumpukan sampah pada landfill. Sebelum dilakukan penutupan, tumpukan sampah tersebut dipadatkan terlebih dahulu dengan alat berat.

Demikian informasi terkait dengan fungsi dan keunggulan pemasangan Geomembrane yang diaplikasikan pada TPA untuk material pelapis kedap air pada kolam penampungan sampah dan penahan biogas.

Jasa Pemasangan Geomembrane

Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geomembrane di Indonesia. Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pasang geomembrane untuk berbagai kebutuhan pelapis kedap untuk tempat penampungan sampah permanen atau sementara.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?