Fungsi Geotextile Woven dan Non Woven untuk Konstruksi Jalan

Fungsi Geotextile Woven dan Non Woven untuk Konstruksi Jalan

Bagikan Artikel Ini:

Fungsi Geotextile Woven dan Non Woven untuk material stabilisasi dan perkuatan pada proyek pembangunan jalan dan rekonstruksi jalan, sebagai salah satu teknologi dalam penyiapan badan jalan.

Mengenal Geotextile

Apa itu Geotextile? Geotextile adalah material lembaran yang diproduksi dari bahan sintesis menggunakan serat polypropylene, polyester atau Polipropilena. Geotextile sering digunakan pada berbagai pekerjaan stabilisasi dan perkuatan tanah.

Lalu apa saja jenis, fungsi atau kegunaan Geotextile yang kini menjadi salah satu material wajib yang digunakan pada proyek pekerjaan stabilisasi dan perkuatan jalan, berikut ulasannya.

Jenis Geotextile untuk Perkerasan Jalan

Untuk mengetahui apa saja jenis geotextile, berikut macam-macam geotextile yang digunakan untuk perkerasan jalan raya.

1. Geotextile Non Woven

Material geotextile non woven terbuat dari bahan polyester atau polypropylene. Bahan atau serat tersebut disusun tidak beraturan (tidak teranyam).

geotextile non woven untuk konstruksi jalan
2. Geotextile Woven

Kemudian geotextile woven yaitu material yang dianyam dengan teknologi canggih. Bentuk geotextile woven yaitu beruapa lembaran anyaman seperti anyaman rotan.

geotextile woven untuk konstruksi jalan

Kegunaan Geotextile

Material Geotextilebanyak digunakan untuk material pelapis struktur jalan berguna untuk memperbaiki, menstabilkan dan memperkuat jalan di atas tanah lunak atau tanah gambut.

Berikut beragam fungsi geotextile pada pekerjaan perbaikan struktur jalan raya baik jalan aspal, beton atau tol, jalan paving block, jalan akses tambang dan jalan kebun sawit.

1. Geotextile untuk Filtrasi

Geotextile non woven berfungsi untuk menyaring material tanah agar tidak terbawa oleh air pada lapis struktu jalan. Hal tersebut dapat mengurangi resiko jalan ambles dan bergelombang.

2. Geotextile untuk Separasi

Geotextile juga berfungsi untuk memisahkan tanah dasar (subgrade) dengan tanah urukan (subbase course) sehinga tidak bercampur dengan tanah asli yang sifatnya lunak.

3. Geotextile untuk Stabilisasi

Geotextile woven berfungsi untuk meratakan beban kendaraan, sehingga permukaan dan struktur lapisan jalan akan mengalami penurunan yang merata. Hal tersebut dapat menghindari potensi kerusakan jalan seperti bergelombang, ambles dan retak.

Dari pengenalan fungsi Geotextile pada perkerasan jalan diatas mudah-mudahan dapat membantu Anda dalam memahami dan mengenal jenis geotextile.

Sebagai informasi, jika Anda kontraktor atau perusahaan yang membutuhkan berbagai jenis geotextileuntuk jalan. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier geotextile terlengkap untuk kebutuhan proyek perkerasan jalan.

supplier geotextile untuk bangunan pelindung pantai

Kami melayani penjualan, jasa pengiriman dan jasa pemasangan geotextile yang menjangkau seluruh Indonesia. Hubungi kami melalui halaman kontak kami atau bisa langsung menghubungi tim Marketin Engineering kami melalu Telp dan Whatsapp berikut.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?