Penyiapan Badan Jalan Dengan Geotextile untuk Perkuatan

Penyiapan Badan Jalan Dengan Geotextile untuk Perkuatan dan Separasi

Bagikan Artikel Ini:

Penyiapan badan jalan dengan Geotextile untuk lapis separasi dan perkuatan, guna meningkatkan daya dukung tanah untuk perkerasan jalan.

Apa itu Penyiapan Badan Jalan?

Dikutip dari halaman Modul Simantu Kementerian PUPR, pekerjaan ini mencakup penyiapan, penggaruan dan pemadatan permukaan tanah dasar untuk jalan baru maupan jalan lama yang berfungsi untuk pekerjaan selanjutnya yaitu menghampar:

  1. Lapis pondasi agregat.
  2. Lapis pondasi jalan tanpa penutup aspal.
  3. Lapis pondasi semen tanah atau lapis pondasi beraspal di daerah jalur lalu lintas (termasuk jalur tempat perhentian dan persimpangan) yang tidak ditetapkan sebagai pekerjaan pengembalian kondisi.

Penggunaan Geotextile Pada Perkerasan Badan Jalan

Pada pekerjaan perkerasan badan jalan, dari Kementerian PUPR sudah merekomendasikan Geotextile atau Geotekstil untuk Perkerasan Jalan sebagai lapis separasi dan perkuatan jalan, berikut penjelasannya yang kami kutip dari halaman Pustaka Kementerian PUPR.

Untuk membantu meningkatkan daya dukung tanah dasar untuk pekerjaan badan jalan diperlukan pemasangan lapisan material Geotextile.

Pemasangan lapisan Geotextile pada badan jalan diatas tanah dasar bertujuan untuk memisahkan antara tanah asli dengan timbunan, sehingga tanah timbunan tidak tercampur dengan tanah asli.

Adapun fungsi utama dari Geotextile yang dipasang pada badan jalan lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk Filtrasi
  2. Untuk Pemisah
  3. Untuk Drainase
  4. Untuk Perkuatan

Dari fungsi utama tersebut dapat diaplikasikan pada berbagai jenis perencanaan konstruksi pada pekerjaan tanah untuk perkerasan jalan diantarnya, sebagai berikut.

  1. Untuk material pemisah pada timbunan subbase di atas tanah dasar yang cukup lunak.
  2. Untuk material lapis permukaan pada pelapisan ulang.

Sebagai informasi, geotextile yang dipasang pada struktur perkerasan memerlukan kekakuan elastis yang tinggi untuk memobilisasi pengaruh perkuatan. Tempat yang paling umum untuk pemasangan geotextile yaitu pada lapisan pondasi bawah, atau pada pondasi atas dan lapisan aus yaitu kedalaman yang tidak kurang dari 4cm.

Tujuan Pemasangan Geotextile Pada Badan Jalan

Tujuan pemasangan lapis Geotextile pada kosntruksi badan jalan memiliki beberapa keuntungan utama, diantaranya yaitu:

  1. Mencegah retak refleksi pada jalan dengan perkerasan lentur maupun kaku.
  2. Mengurangi alur pada badan jalan.
  3. Membatasi retak lelah pada badan jalan.

Demikian informasi yang kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat ya. Sebagai informasi juga, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geotextile di Indonesia, melayani penjualan, jasa pengiriman dan aplikator Geotextile untuk beragam proyek di Indonesia termasuk proyek jalan Nasional.

supplier geotextile untuk badan jalan

Jika Anda membutuhkan informasi terkait pengadaan Geotextile dan permintaan harga Geotextile terbaru langsung dari pabrik, silahkan hubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami. terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?