Geogrid: Penjelasan Lengkap dan Aplikasinya

Geogrid Penjelasan Lengkap dan Aplikasinya

Bagikan Artikel Ini:

Pada rekayasa geoteknik, geogrid sangatlah penting digunakan untuk material perkuatan pada tanah. Untuk mengenal lebih lengkap apa itu geogrid, penjelasan lengkap hingga aplikasinya, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Geogrid?

Geogrid adalah material sintetis berbentuk lembaran jaring (grid) terbuat dari bahan polymer atau heavy duty polyethylene yang memiliki daya tarik tinggi dan tahan terhadap pengaruh kimiawi, mikrobiologi yang biasanya terdapat didalam tanah. Fungsi geogrid adalah untuk konstruksi penulangan tanah lunak (tanah dasar dan lereng). Pengertian konstruksi penulangan tanah adalah dengan membuat lapisan-lapisan tanah yang dibungkus deogrid untuk memperoleh suatu konstruksi komposit.

Penggunaan atau Aplikasi Geogrid

Untuk menanggulangi masalah longsoran badan jalan dan lereng diperlukan teknologi perkuatan lereng dengan geogrid. Apa saja aplikasi geogrid pada infrastuktur perkuatan tanah, simak selengkapnya penjelasan berikut.

Aplikasi Geogrid untuk Perkuatan Jalan

1. Peninggian Tanah (Embankment)

Geogrid diaplikasikan untuk peninggian tanah atau embankment sebagai lapisan pemisah dan penulangan tanah pada konstruksi peninggian tanah diatas tanah dasar yang lunak.

2. Perkuatan Sisi Lereng (Reinforcement)

Material geogrid dapat diaplikasikan untuk penulangan tanah dengan cara berlapis di dalam tanah untuk memperoleh konstruksi lereng yang lebih curam. Selain itu penulangan dengan geogrid bisa diaplikasikan untuk perkuatan dinding penahan tanah dan lereng serta mencegah kelongsoran lereng.

3. Lapis Ulang Aspal (Asphalt Overlay)

Apalikasi geogrid disini adalah sebagai perkuatan dibawah lapis ulang aspal untuk mencegah keretakan bahan ataupun perambatan retak pada konstruksi jalan aspal.

4. Kontrol Erosi (Erosion Control)

Pada konstruksi Riprap, geogrid sangat penting diaplikasikan sebagai lapisan pemisah pada perkuatan konstruksi reklamasi struktur kelautan dan daerah aliran sungai.

Dari penjelasan diatas terkait dengan apa itu geogrid beserta aplikasinya untuk berbagai infrastruktur, mudah-mudahan bisa membantu mengenal material geogrid ini. Untuk Anda yang sedang mencari supplier geogrid sekaligus jasa pemasangan geogrid. Kami CV. Mutu Utama Geoteknik supplier geosintetik Indonesia menjual beragam jenis geogrid unixial, biaxial dan triaxial beragam spesikasi dan ukuran sesuai kebutuhan.

Kunjungi halaman produk Geogrid kami untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Geogrid aplikasinya untuk berbagai proyek infrastuktur perkuatan tanah.

jual geogrid

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?