Geotekstil adalah Material untuk Filtrasi, Separasi dan Stabilisasi

geotekstile adalah

Bagikan Artikel Ini:

Geotekstil adalah material sintetis yang digunakan untuk Filtrasi, Separasi dan Stabilisasi pada rekayasa geoteknik untuk perkuatan tanah. Apa saja penjelasan lengkap pengertian geotekstil, jenis dan aplikasinya simak info selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Geotekstil

Geotekstil atau Geotextile merupakan material sintetis yang berupa lembaran terbuat dari bahan serat polypropylene, polyester atau polypropylene. Material lembaran ini diproduksi dengan teknologi tinggi untuk kebutuhan rekayasa geoteknik dalam perkuatan tanah.

Proyek aplikasi geotekstil pada proyek delta works di Belanda
Proyek aplikasi geotekstil pada proyek delta works di Belanda (Dikuti dari Wikipedia)

Awal mula penggunaan geotekstil yaitu pertama kali digunakan oleh negara Belanda sekitar tahun 1953 pada proyek Delta Work atau juga dikenal Delta Plan untuk menyelamatkan bagian barat Belanda dari ancaman air pasang. Dan kini banyak sekali negara-negera lain yang sudah mengaplikasikan material geotekstil untuk berbagai tujuan dalam rekayasa geoteknik, termasuk Indonesia.

Jenis Geotekstil

Geotekstil saat ini terbai menjadi dua jenis yaitu geotekstil woven dan geotekstil non woven. Geotekstil woven berupa lembaran yang berbentuk anyaman. Selanjutnya bentuk geotextile non woven yaitu berupa lembaran yang terbuat dari serat polyester atau polypropylene yang disusun tidak beraturan.

Fungsi Geotekstil Woven dan Non Woven

Geotekstil non woven dan woven berfungsi untuk material penyaring, pemisah dan stabilisasi pada proyek perkuatan tanah dasar atau Subgrade atau pada infrastruktur perkuatan lainnya.

Pemanfaatan geotekstil kini semakin luas tak hanya untuk perkuatan tanah, beragam fungsi dari material ini sangat banyak dan dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis proyek sesuai dengan kebutuhan. Simak juga penjelasan lengkap aplikasi geotekstil berikut ini.

Aplikasi Geotekstil

Geotekstil dapat diaplikasikan pada berbagai jenis infrastruktur perkuatan tanah. Apa saja bidang perkerjaan perkuatan tanah yang menggunakan material geotekstil untuk perkuatan tanah simak penjelasan berikut:

  1. Proyek konservasi air dan perlindungan bendungan
  2. Proyek perkuatan jalan dan perlindungan lereng
  3. Proyek penguatan landasan kereta api
  4. Tepi sungai dan saluran irigasi
  5. Rembesan waduk dan proyek konsolodasi
  6. Proyek PLTA dan Bendungan Air
  7. Curling beton dan jalan raya
  8. Proyek pembangunan rel kereta api dan terowongan
  9. Proyek pembuatan vertical garden, roof garden atau roof top

proyek aplikasi geotekstil cv mutu utama geoteknik

Baca juga: Proyek Geosintetik Yang Menggunakan Geotekstil

Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang apa itu geotextile, jenis, fungsi dan aplikasinya kunjungi halaman produk Geotextile CV. Mutu Utama Geoteknik. Jika saat ini Anda membutuhkan produk geotekstil untuk kebutuhan proyek dan jasa pemasangan geotekstil silahkan konsultasi gratis dengan kami CV. Mutu Utama Geoteknik.

konsultasi aplikasi geotekstil untuk perkuatan tanah

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?