Geomat untuk Lereng, Solusi Selimut Pengendali Erosi

Geomat untuk Lereng, Solusi Selimut Pengendali Erosi dan Penahan Longsor

Bagikan Artikel Ini:

Geomat untuk Lereng, solusi selimut pengendali erosi yang berfungsi untuk menstabilkan permukaan tanah dengan vegetasi penahan erosi dan penahan longsor.

Lalu apa itu fungsi Geomat serta apa saja keunggulannya dalam menstabilkan dan memperkuat permukaan lereng, berikut informasi selengkapnya.

Mengenal Fungsi Geomat Pada Lereng

Bersumber dari halaman produk Geomat di CV. Mutu Utama Geoteknik,  Geomat adalah salah satu jenis material geosintetik yang digunakan untuk konservasi tanah dan berfungsi untuk mengendalikan erosi dan melindungi lereng perbukitan.

ENVIMATE Geomat

Fungsi Geomat yaitu digunakan sebagai material selimut pengendali erosi untuk menahan tanah dan humus pada lereng sekaligus memperkuat akar vegetasi pada awal pembentukan lereng.

Geomat digunakan untuk material selimut pengendali erosi (Erosion Control Mat) yang berfungsi melindungi lereng terhadap erosi permukaan pada fase pertumbuhan vegetasi, untuk menahan tanah dan humus sampai ke akar tumbuhan.

Sebagai informasi, ketika sedang melewati jalan yang kiri kanannya terdapat lereng, biasanya dibeberapa lokasi terlihat lereng yang tertutup material hijau yang menyerupai rumput. Oleh karenanya Geomat, juga sering disebut selimut pengendali erosi.

Geomat mampu menstabilkan permukaan tanah sehingga menjaga dan menahan tanah dari potensi erosi.Dengan material yang kokoh untuk sistem perakaran tumbuhan, keberadaan geomat juga membantu tanaman tumbuh dengan baik.

Geomat umum digunakan untuk perlindungan lereng perbukitan dan jalan, untuk penutup lereng dan sekaligus pemerataan penanaman benih vegetasi baru di lereng, dikutip dari Kementerian PUPR.

Keunggulan Geomat Yang Dipasang di Lereng

Apa saja keunggulan material Geomat atau selimut pengendali erosi tersebut, berikut berbagai keunggulan utamanya.

  1. Mencegah perusakan permukaan lereng oleh cuaca sebelum tumbuhnya benih vegetasi.
  2. Setelah vegetasi tumbuh dan berkembang, material ini dapat menggantikan beton, batu, shotcrete dalam fungsinya sebagai perkuatan lereng.
  3. Dapat mengurangi biaya konstruksi hingga 7 kali lebih rendah jika dibandingkan dengan lereng beton.
  4. Material ini tahan terhadap bahan kimia, tidak menimbulkan dampak polusi bagi lingkungan, dan material ini juga diberi proteksi tambahan sehingga tahan terhadap sinar UV.
  5. Tahan terhadap bahan kimia dan ramah lingkungan

Demikian informasi terkait dengan aplikasi atau pemanfaatan Geomat pada lereng untuk menstabilkan lereng sekaligus untuk media vegetasi tumbuhan untuk mencegah erosi.

Sebagai informasi juga, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Geomat di Indonesia, melayani penjualan, jasa pengiriman untuk beragam proyek Anda di seluruh Indonesia.

supplier geomat untuk lereng

Untuk kebutuhan permintaan penawaran harga Geomat untuk proyek Anda, silahkan menghubungi tim Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?