Perkuatan Lereng Rawan Longsor dengan Geogrid dan Geotextile

Perkuatan Lereng Rawan Longsor dengan Geogrid dan Geotextile

Bagikan Artikel Ini:

Perkuatan lereng rawan longsor dengan Geogrid dan Geotextile untuk dinding penahan tanah metode berundak atau terasering. Sebagai informasi yang kami kutip Modul: Penanganan Lereng Terhadap Bahaya Longsor dari Simantu Kementerian PUPR, metode penulangan tanah dapat diterapkan dengan bronjong yang didisain mempunyai ikatan dengan Geogrid dan Geotextile sehingga berfungsi sebagai separasi, filtrasi, drainase, tahanan tarik dan perkuatan.

Mengenal Geogrid dan Geotextile

Berikut penjelasan terkait dengan material Geotextile dan Geogrid selengkapnya.

  • Geogrid adalah material sintetik yang berbentuk seperti jaring yang memiliki kemampuan kuat tarik dan geser yang tinggi. Geogrid dibuat dari bahan High Density Polyethylene (HDPE). Geogrid memiliki fungsi utama yaitu sebagai perkuatan atau penulangan. Jenis Geogrid terdiri dari tiga jenis bentuk yaitu dengan lubang persegi panjang, dengan lubang berbentuk persegi dan lubang berbentuk segitiga.
  • Geotextile yaitu material sintetik yang berbentuk seperti karpet yang dianyam (woven) dan tidak dianyam (non woven). Geotextile secara umum memiliki fungsi utama untuk filtrasi, separasi, drainase dan perkuatan pada berbagai jenis pekerjaan tanah atau rekayasa geoteknik menggunakan material Geosintetik.

Fungsi Geogrid dan Geotextile Pada Lereng

Apa saja fungsi Geotextile dan Geogrid yang digunakan pada pembangunan dinding penahan tanah atau retaining wall, berikut informasi selengkapnya.

Geogrid untuk Lereng

Aplikasi penggunaan Geogrid pada perkuatan lereng yaitu berfungsi untuk penulangan lereng, penulangan timbunan dan perkuatan untuk mengikat agregat.

EXOGRID™ Geogrid

Geotextile untuk Lereng

Sedangkan pemasangan Geotextile pada timbunan lereng yaitu sebagai material separasi atau pemisah antara tanah dan material lainnya. Namun secara umum fungsi geotextile yaitu digunakan untuk penyaring (filtrasi), pemisah (separasi), lapisan drainase, dan perkuatan pada konstruksi struktur tanah tanah dasar (subgrade), lapis pondasi bawah (subbase course), lapis pondasi (base course) dan lapis permukaan (surface course).

MTEX Geotextile

Keunggulan Goegrid dan Geotextile

Apa saja keunggulan dari masing-masing material Geotextile dan Geogrid yang di aplikasikan pada proyek-proyek pembangunan dinding penahan tanah pada lereng, berikut diantaranya.

Geogrid

  1. Kekuatan tinggi pada pembebanan jangka panjang
  2. Kuat tarik tinggi pada elongasi rendah akibat dari perilaku rangkak yang rendah
  3. Interlocking yang sangat baik
  4. Ketahanan terhadap sinar UV
  5. Ketahanan biologi dan kimia sangat baik

Geotextile

  1. Memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.

Demikian informasi terkait dengan perkuatan tebing atau lereng yang rawan longsor dengan retaining wall yang mengkombinasikan geogrid dan geotextile untuk stabilisasi tanah dan perkuatan.

Sebagai informasi, kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier Goegrid dan Geotextile di Indonesia. Kami melayani konsultasi pemilihan material, penjualan, jasa pengiriman dan pemasangan untuk berbagai proyek Anda di seluruh Indonesia.

Hubungi tim Marketing Engineer kami untuk permintaan penawaran harga Geogrid atau Geotextile dengan harga dan kualitas terbaik untuk Anda.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?