Perbedaan Geotekstil Separator Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3

Perbedaan Geotekstil Separator Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3

Bagikan Artikel Ini:

Yuk lihat penjelasan lengkap perbedaan geotekstil separator Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3 hanya di Blog CV. Mutu Utama Geoteknik berikut penjelasan tentang perbedaan diatas.

Secara umum geotekstil  / geotextile ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu geotekstil non woven dan geotekstil woven, namun dari kedua jenis tersebut memiliki spesifikasi teknis masing-masing sehingga perlu ada standard klasifikasi untuk memudahkan dalam menentukan jenis material geotextile yang akan di gunakan.

Dalam hal ini Departemen Pekerjaan Umum telah membuat pedoman mengenai perencanaan dan pelaksanaan perkuatan tanah dengan geosintetik. Namun pada artikel kali ini kami hanya akan membahas standard klasifikasi kelas dari material geotextile berdasarkan yang telah ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum.

Adapun standart klasifikasi kelas geotekstil. Geotextile dibagi dalam 4 kelas, yaitu kelas 1+, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 berdasarkan tujuan dari perencanaan perkuatan jalan. Namun untuk kelas 1+ ini sampai saat ini belum terdefinisikan dengan jelas sehingga jika digunakan harus disyaratkan oleh Pembeli. Berikut ini adalah syarat derajat daya bertahan yang terdapat dalam tabel 1:

Syarat Derajat Daya Bertahan (Survivability), AASHTO M 288-06

Standard klasifikasi kelas geotextile yang menurut kami kurang tepat, karena standard yang menjadi acuan adalah berdasarkan dari gramasi geotextile baik itu yang non woven maupun woven, sedangkan jika kita mengambil acuan dari dokumen pedoman yang telah dikeluarkan oleh Departemen PU maka acuannya adalah berdasarkan Kekuatan yang dapat ditahan oleh geotextile tersebut.

Baca juga: Jenis Kelas Geotekstil dan Fungsinya

Standar Klasifikasi Geotekstil Separator Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3

Untuk standard klasifikasi kelas dari Geotextile, dapat dilihat pada table 2.

Persyaratan Kekuatan Geotekstil

Berikut beberapa persyaratan kekuatan Geotekstil (AASHTO M 288-06)

Keterangan :

  • elongasi < 50% digunakan untuk geotekstil woven
  • elongasi ≥ 50% digunakan untuk geotekstil non woven

CV. Mutu Utama Geoteknik telah memastikan bahwa produk kami sesuai dengan klasifikasi kelas yang telah ditetapkan oleh Departemen Pekerjaan Umum. Untuk informasi lebih lengkap mengenai spesifikasi dan kelas Geotextile Woven dan Non Woven Geotextile silahkan hubungi kami

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?