Kain Geotextile: Jenis, Fungsi dan Keunggulannya

Kain Geotextile Jenis, Fungsi dan Keunggulannya

Bagikan Artikel Ini:

Kain Geotextile atau juga banyak dikenal dengan nama kain geotekstil memiliki beberapa jenis. Untuk mengetahui apa saja jenis-jenisnya, silahkan simak informasi selengkapnya berikut.

Mengenal Kain Geotextile

Kain Geotextile atau juga dikenal dengan kain Geotekstil adalah salah satu jenis material geosintetik yang berbentuk seperti karpet namun terbuat dari bahan dasar Polypropylene (PP) atau Polyester (PET).

Kain geotekstil diproduksi dengan cara dianyam (geotextile woven) maupun tidak teranyam (geotextile non woven) dengan teknologi canggih.

Serta melalui pengawasan mutu yang baik serta didukung oleh hasil test dan hasil riset di laboratorium, mengikuti standar nasional Indonesia, antara lain: kekuatan tarik, kekuatan terhadap tusukan, sobekan, kemuluran, dan juga ketahanan terhadap mikroorganisme, bakteri, jamur dan bahan-bahan kimia, dikutip dari halaman produk Geotextile di CV. Mutu Utama Geoteknik.

Jenis Kain Geotekstil

Kain geotekstil dibedakan menjadi dua jenis diantaranya yaitu:

1. Kain Geotextile Woven

Geotextile Woven diproduksi dari bahan Polypropylene Polymer (PP) atau Polyester (PET) dengan cara dianyam menggunakan teknologi canggih melalui pengawasan mutu yang baik dan sudah teruji di laboratorium serta berstandar nasional Indonesia sebagai produk geotextile woven lokal yang dapat diandalkan.

kain geotextile woven
Kain Geotextile Woven

2. Kain Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven diproduksi dari bahan Polyester (PET) atau Polypropylene (PP) yang tidak teranyam dan disatukan menggunakan teknologi canggih melalui pengawasan mutu yang baik dan sudah teruji di laboratorium serta berstandar nasional Indonesia sebagai produk geotextile woven lokal yang dapat diandalkan.

kain geotektil non woven
Kain Geotektil Non Woven

Fungsi Kain Geotekstil

Berikut beberapa fungsi utama dari kain geotekstil yang banyak digunakan untuk berbagai proyek perbaikan, perkuatan dan stabilisasi tanah.

1. Penyaring (filtrasi)


2. Pemisah (separasi)

3. Drainase

Drainase

4. Perkuatan

Keunggulan Kain Geotekstil

Dikutip dari halaman produk geotekstil di website CV. Mutu Utama Geoteknik dan dari halaman penelitian Geotextile Kementerian PUPR, ada banyak keunggulan dari kain Geotextile diantaranya sebagai berikut.

  1. Memiliki kandungan Carbon Black UV yang dapat melindungi dari paparan sinar ultraviolet.
  2. Memiliki tensile strength atau kuat tarik yang tinggi, sehingga menjamin keamanan struktur tanah.
  3. Memiliki permeabilitas tinggi untuk mengalirkan air pori ekses yang timbul akibat beban yang lewat.
  4. Memiliki koefisien interaksi tinggi untuk menciptakan kekangan terhadap gaya lateral pada interface antara geotekstil dan agregat.
  5. Memiliki bukaan pori kecil dengan permeabilitas yang tinggi, sehingga air dapat mengalir tanpa membawa material
  6. Memiliki ketahanan mekanik dan hidrolik yang sangat baik sebagai material pemisah dan penyaring
  7. Tahan terhadap sinar UV

Demikian informasi terkait dengan beberapa jenis geotekstil dari fungsi dan keunggulannya. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier beragam jenis kain geotekstil baik woven dan non woven dengan harga dan kualitas terbaik.

jual geotextile MTEX

Hubungi kami untuk pengadaan barang  dan jasa melalui Marketing Engineering kami baik via Telp, Whatsapp atau Email dihalaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?