Geopipe (Pipa HDPE): Jenis, Keunggulan dan Aplikasinya

Geopipe (Pipa HDPE) Jenis, Keunggulan dan Aplikasinya

Bagikan Artikel Ini:

Geopipe atau pipa HDPE kini banyak digunakan sebagai solusi perpipaan dalam berbagai jenis proyek sistem drainase bawah permukaan, aliran air bersih hingga limbah. 

Bersumber dari halaman produk Geopipe di CV. Mutu Utama Geoteknik, Geopipe atau Pipa HDPE adalah jenis pipa yang terbuat dari bahan HPDE yang memiliki banyak jenis dan keunggulan untuk solusi perpipaan untuk air bersih dan limbah.

Lalu apa saja jenis, keunggulan dan aplikasi geopipe yang banyak digunakan pada berbagai proyek di Indonesia, yuk simak informasinya berikut ini.

Jenis Pipa HDPE dan Aplikasinya

Yuk kenali berbagai jenis pipa HDPE yang bisa menjadi referensi Anda untuk memenuhi berbagai kebutuhan informasi seputar jenis dan penggunaan Pipa HPDE pada proyek Anda.

1. HDPE Solid Wall Pipe

Pipa HDPE adalah jenis Geopipe yang terbuat dari termoplastik polietilen dari minyak bumi. Secara fisik bentuk HDPE Solid Wall Pipe yaitu berwarna hitam polos, banyak digunakan untuk aliran pipa air bersih bertekanan.

HDPE Solid Wall Pipe
HDPE Solid Wall Pipe

Aplikasinya:

Pipa HDPE Solid Wall banyak digunakan untuk sistem perpipaan air bersih atau SPAM. Disisi lain bisa juga difungsikan sebagai pipa pembuangan limbah, bahan kimia dan lain-lain.

2. HDPE Single Wall Corrugated Pipe

Single wall corrugated pipe atau pipa HDPE Single wall corrugated adalah salah satu jenis pipa HDPE yang diproduksi dengan satu lapisan material. Aplikasi geopipe single wall digunakan untuk berbagai jenis proyek pembuatan sub surface drainage, dan french drain yang tidak dilewati oleh beban berat atau kendaraan berat.

HDPE Single Wall Corrugated Pipe
HDPE Single Wall Corrugated Pipe

Aplikasinya:

Pipa HDPE Single wall corrugated banyak digunakan untuk berbagai jenis proyek sistem drainase bawah permukaan pada proyek drainase air limbah industri / pabrik, drainase lapangan olahraga, jaringan kabel atau telekomunikasi bawah permukaan, drainase dan saluran pembuangan lainnya.

3. HDPE Spiral Pipe

HDPE Spiral Pipe atau pipa HDPE Spiral adalah pipa yang berbahan dasar High Density Polyethylene (HDPE) dengan dinding berprofil. Dinding luarnya berbentuk spiral yang terbuat dari bahan Polypropylene (PP).

HDPE Spiral Pipe
HDPE Spiral Pipe

Aplikasinya:

Pipa HDPE Spiral banyak digunakan pada sistem drainase dan perpipaan air limbah, saluran pembuangan bawah tanah, pelindung jaringan kabel bawah tanah dan saluran irigasi pada pertanian dan perkebunan.

4. HDPE Double Wall Corrugated Pipe

HDPE Double Wall Corrugated Pipe atau Pipa HDPE Double Wall Corrugated adalah jenis geopipe yang menggunakan dua lapisan yang berbeda dengan menggunakan bahan dari high density (kepadatan tinggi) Polyetheline (PE). Bagian dalamnya halus dan rata sedangkan di luar bergelombang.

HDPE Double Wall Corrugated Pipe
HDPE Double Wall Corrugated Pipe

Aplikasinya:

Pipa HDPE Double Wall Corrugated sering digunakan untuk sistem perpipaan bawah permukaan tanah untuk sistem aliran drainase, saluran pembuangan pada proyek drainase industri, air limbah, pertambangan, lapangan olahraga, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Keunggulan Pipa HDPE

Pipa HDPE memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan pipa lainnya seperti beton atau baja untuk solusi perpipaan air, berikut keunggulan utamanya.

1. Fleksibel

Tingkat kelenturan pipa PE 100 tergolong tinggi. Sifatnya yang lentur dan fleksibel membuat proses instalasi distribusi air pada pipa ini jadi lebih mudah dibandingkan dengan pipa air material lainnya.

2. Tingkat Ketahanan Tinggi

Pipa jenis ini memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi, sehingga mampu bertahan dalam berbagai cuaca dan kondisi lingkungan. Material yang digunakan adalah material thermoplastic. Material ini akan mengalami penyusutan kekuatan saat temperatur meningkat.

Suhu kerja optimum sendiri adalah 20°C dan maksimum 40°C. Jika suhu dan tekanan kerja melebihi batas maksimum, maka akan terjadi penurunan lifetime dan kualitas pipa.

3. Kuat dan Ringan

Jika dibandingkan dengan pipa logam, pipa HDPE memang lebih ringan. Dengan demikian, proses instalasinya jauh lebih mudah dan juga lebih murah dari segi penanganan dan transportasi.

Demikian informasi terkait dengan beragam jenis pipa HDPE untuk solusi perpipaan pada sistem drainase dan saluran pembuangan. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik merupakan supplier beragam jenis Pipa HDPE terlengkap dengan harga dan kualitas terbaik.

jual geopipe pipa HDPE Corrugated Pipe

Jika Anda membutuhkan informasi pengadaan Geopipe (Pipa HDPE) melalui penawaran harga, silahkan hubungi kami melalui Marketing Engineer kami via Whatsapp, Email atau Telp dihalaman kontak kami. Terima kasih.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?