Mengenal 3 Jalan Tol Terunik di Indonesia

Jalan Tol Terunik di Indonesia

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal 3 jalan tol terunik di Indonesia yang memiliki keunikan yang tidak dijumpai pada ruas tol lainnya, berikut informasinya.

Jalan Tol Paling Unik di Indonesia

Tapi meskipun begitu, keunikan tersebut tidak menghambat atau mengubah fungsi jalan tol tersebut sebagai prasarana transporatasi dan konektivitas. Lalu, apa saja sih tol unik tersebut, berikut informasinya.

1. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol di Bali Yang Unik Dibangun Di Atas Laut

Jalan tol ini merupakan tol pertama di Indonesia yang dibangun di atas laut. Memiliki total panjang 12,7 km, tol ini menjadi tol di atas air terpanjang di Indonesia. Tol ini juga satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus sepeda motor.

2. Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri

Jalan Terunik Yang Bisa Mengeluarkan Nada di Ngawi-Kertosono-KediriDibeberapa titik pada jalan tol ini terdapat singing road yaitu tepatnya di KM 616 dan KM 644+200 B yaitu arah Madiun-Solo) yang akan mengeluarkan nada apabila mobil bergerak di kecepatan 80-100 km/jam.

Nada ini berfungsi untuk menekan angka kecelakaan karena dapat membuat pengemudi lebih fokus.

3. Jalan Tol Cileunyi-Sumedan-Dawuan

Jalan Tol Unik Memiliki 2 Terongan Terpanhang Lokasinya di Cileunyi-Sumedan-Dawuan
Jalan Tol Unik Memiliki 2 Terongan Terpanhang Lokasinya di Cileunyi-Sumedan-Dawuan

Tol ini memiliki terowongan kembar dan terpanjang di Indoensia dengan 471 m. Tol ini berada di seksi II ruas Pamulihan-Sumedang, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Demikian informasi seputar keunikan pada jalan tol di Indonesia yang tidak ditemukan pada jalan tol lainnya di Indonesia. Yuk share informasi ini dan temukan informasi lainnya tentang konstruksi jalan di Indonesia.

 

 

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?