Mengenal Jenis – Jenis Preservasi Jalan

Jenis Preservasi Jalan

Bagikan Artikel Ini:

Mengenal jenis preservasi jalan nasional yang bertujuan untuk mempertahankan kondisi jalan yang baik sesuai umur layanan.

Apa itu Preservasi Jalan

Bersumber dari Kementerian PUPR, Preservasi jalan adalah kegiatan penanganan jalan berupa pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap optimal dan umur layanan yang ditetapkan dapat tercapai.

Lalu apa saja jenis-jenis preservasi jalan tersebut? Baca informasinya pada penjelasan berikut ini.

1. Pemeliharaan Korektif

Pemeliharaan jalan yang dilakukan untuk memperbaiki suatu bagian setelah kerusakan / kegagalan. Selanjutnya mengembalikan ke kondisi yang disyaratkan sesuai fungsinya. Pemeliharaan ini merupakan pemeliharaan rutin jalan secara reaktif sepanjang umur rencana.

2. Pemeliharaan Preventif

Perawatan jalan yang dilakukan secara terjadwal melalui inspeksi berkal untuk mengetahui tingkatan komponen dan subsistem pada jalan.

Pemeliharaan ini dilakukan melalui perkerasan untuk memepertahankan kemantapan jalan.

3. Rehabilitasi

Rehabilitasi jalan merupakan kegiatan penanganan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang luas dan tidak diperhitungkan yang berakibat menurunnya tingkat kemantapan pada bagian tertentu dari ruas jalan.

4. Rekonstruksi

Kegiatan penangan untuk meningkatkan kemampuan bagian ruas jalan yang rusak berat agar bagian jalan tersebut menjadi mantap kembali sesuai umur rencana yang ditetapkan.

Sebagai informasi, pada berbagai pekerjaan preservasi jalan dari tindakan pencegahan, perawatan dan perbaikan bertujuan agar jalan tetap layak digunakan.

Tindakan – tindakan pekerjaan tersebut bisa secara langsung pada konstruksi jalan maupun tidak langsung. Contoh tindakan pekerjaan jalan secara langsung salah satunya yaitu perbaikan badan jalan. Kemudian perbaikan secara tidak langsung seperti contohnya stabilisasi dan perkuatan lereng jalan.

Tindakan preservasi jalan tersebut, sering juga membutuhkan material geosintetik yang digunakan untuk lapis konstruksi. Material geosintetik tersebut diantaranya Geotextile, Geomembrane, Geogrid, Geocell, Geobag dan Geomat.

jual geotextilejual geogrid

jual geocelljual geomembrane

jual geomatjual geobag

Berbagai jenis geosintetik yang digunakan untuk preservasi jalan tersebut kini menjadi salah satu teknologi sering digunakan untuk stabilisasi dan perkuatan jalan.

Demikian informasi terkait dengan mengenal jenis – jenis preservasi jalan nasional. Sebagai informasi kami CV. Mutu Utama Geoteknik adalah perusahaan supplier geosintetik untuk berbagai pekerjaan jalan Nasional.

Untuk kebutuhan pengadaan material Geosintetik untuk jalan, silahkan menghubungi Marketing Engineer kami melalui halaman kontak kami.

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?