Pengolahan Limbah Industri Tekstil Lebih Aman dengan Geomembrane

Pengolahan Limbah Industri Tekstil Aman Dengan Geomembrane

Bagikan Artikel Ini:

Pengolahan limbah industri tekstil aman dengan Geomembrane untuk lapisan kedap air pada kolam penampungan sementara anti rembes dan bocor, sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar.

Lalu apa saja fungsi dan keunggulan Geomembrane pada kolam penampungan limbah (kolam stabilisasi)?

Sebelum penjelasan tersebut, yuk simak dulu apa yang dimaksud dengan limbah tekstil dan apa dampaknya terhadap lingkungan jika tidak dikelola dan ditangani dengan baik.

Limbah Tekstil dan Dampak Buruknya

Bersumber dari halaman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, pengertian limbah tekstil adalah berbagai jenis limbah cair yang dihasilkan dari proses pengkanjian, proses penghilangan kanji, pengelantangan, pemasakan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan proses penyempurnaan.

Seperti yang kita ketahui bersama, segala jenis industri tekstil seperti pembuatan kain dan perwarnaan kain diperlukan berbagai zat sintetik yang menghasilkan limbah cair. Kemudian limbah cair yang dihasilkan dari proses produksi kain tersebut tentu memiliki dampak negatif terhadap lingkungan jika tidak ditangani dengan baik.

Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dan teknologi yang dapat membantu meminimalisir bahaya pencemaran air maupun tanah dilingkungan sekitar.

Kolam Limbah dengan Lapis Kedap Geomembrane

Sebagai solusi pada pengolahan limbah industri tekstil agar tidak berisiko kebocoran diperlukan inovasi teknologi lapis kedap geomembrane yang dipasang pada kolam penampungan limbah sementara.

Limbah cair yang ditampung pada kolam yang sudah dilapisi geomembrane akan lebih aman dari kebocoran, sehingga proses stabilisasi limbah akan lebih aman. Berikut fungsi Geomembrane yang dipasang pada kolam penampungan limbah tekstil untuk lapisan kedap air.

Keunggulan Geomembrane

Material Geomembrane yang dipasang pada kolam limbah tekstil memiliki banyak kelebihan, berikut keunggulan utamanya.

  1. Kedap Air dan Udara
  2. Tahan Terhadap Paparan Sinar Ultraviolet (UV)
  3. Tahan Terhadap Cairan/Zat Kimia
  4. Perawatan Mudah dan Tahan Lama

Fungsi Geomembrane Pada Pengolahan Limbah Industri Tekstil

Kenapa kolam limbah tekstil harus dilapisi dengan lapisan kedap air? Bersumber dari Peraturan Kementerian KLHK tentang tata cara dan persyaratan pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Kolam limbah industri sebelum dibuang terlebih dahulu harus melalui serangkaian proses permurnian limbah. Termasuk penggunaan Geomembrane untuk lapisan kedap pada kolam limbah (kolam stabilisasi) untuk menghindari kebocoran limbah.

Berikut beberapa contoh proyek pelapisan kolam limbah tekstil menggunakan Geomembrane pada beberapa proyek CV. Mutu Utama Geoteknik, selalu supplier dan jasa instalasi geomembrane di berbagai perusahaan yang memiliki kolam penampungan limbah sementara.

proyek pemasangan geomembrane untuk kolam limbah pemasangan geomembrane untuk lapisan kedap air kolam limbah'

kolam geomembrane untuk limbah tekstil - cv mutu utama geoteknik jasa instalasi geomembrane untuk kolam limbah tekstil - cv mutu utama geoteknik

 

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?