Hauling Road Lebih Kuat Dengan Geocell dan Geotextile

Hauling Road Lebih Kuat Dengan Geocell dan Geotextile

Bagikan Artikel Ini:

Hauling Road atau juga disebut Haul Road adalah jalan akses pertambangan yang dirancang dan digunakan untuk memindahkan atau mengangkut material pertambangan dengan menggunakan kendaraan berat, dikutip dari Wikipedia.

Jalan akses tambang atau haul road menjadai salah satu infrastruktur penting dalam lingkung pertambangan, jika jalan tersebut tidak memiliki daya dukung yang baik, alhasil pekerjaan pemindahan dan pengangkutan material tambang tidak dapat berjalan dengan baik.

Jika kondisi jalan tambang tidak stabil dan kuat, maka saat dilalui kendaraan berat akan lebih rentan ambles, longsor dan rusak. Sehingga dengan kondisi tersebut diperlukan inovasi teknologi dalam proyek pembangunan dan perawatan haul road tersebut menggunakan lapisan perkuatan dengan Geocell dan Geotextile.

Bagaimana Geocell dan Geotextile dapat diaplikasikan untuk lapisan perkuatan pada haul road? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Metode Perkuatan Haul Road dengan Geocell dan Geotextile

Dikutip dari halaman produk Geocell dan Geotextile di CV. Mutu Utama Geoteknik, berikut pengertian Geocell dan Geotextile.

perkuatan geocell dan geotextile untuk haul road jalan akses tambang

Fungsi Geotextile Pada Haul Road

Geotextile merupakan salah satu jenis geosintetik yang terdiri dari dua jenis yakni geotextile woven dan non woven. Pada metode perkuatan haul road atau jalan akses tambang, pemasangan geotextile berfungsi untuk separasi atau pemisah antara tanah dasar dengan agrerat.

supplier geotextile MTEX

Pemasangan geotextile yaitu digelar diatas tanah dasar dan dibawah material geocell yang digunakan kombinasi separasi dan perkuatan antara geotextile dan geocell.

Fungsi Geocell Pada Haul Road

Geocell adalah material yang terbuat dari bahan HDPE dan berbentuk seperti sarang tawon berupa lembaran yang dapat diisi dengan material tanah maupun kerikil.

Supplier Geocell STRIPCELL indonesia

Material geocell yang dipasang pada hauling road dapat berfungsi menahan gaya tarik tanah. Cara kerja geocell dapat menahan pergerakan akibat gesekan tanah dengan mekanisme perkuatan dari sel-sel yang saling terhubung pada geocell tersebut.

Dengan pemasangan Geocell diatas tanah dasar (sub grade) dapat membantu mencegah penyebaran agregat atau timbunan secara lateral. Sehingga beban kendaraan berat dapat juga merata diatas geocell dan geotextile yang terpasang.

Tahapan Pemasangan Geocell dan Geotextile Pada Haul Road

Dalam proyek perkuatan jalan pertambangan menggunakan material Goecell dan Geotextile diperlukan tahapan dan pemasangan material yang sesuai prosesdur.  Berikut tahapan utama yang umumnya dikerjakan saat proyek berlangsung.

1. Persiapan Tanah Dasar (Subgrade)

Persiapan tanah dasar dilakukan dengan cara pemadatan sesuai perencanaan untuk perkuatan jalan akses tambang menggunanakan material geocell dan geotextile.

2. Pemasangan Geotextile

Setelah persiapan tanah dasar sudah selesai, kemudian dilanjutkan pemasangan lapis separasi yaitu berupa geotextile. Pemasangan geotextile diatas tanah dasar dan dibawayh geocell berfungsi agar tidak terjadi pumping karena adanya beban kendaraan dan tanah dasar yang mengalami penurunan daya dukung.

3. Pemasangan Geocell

Setelah geotextile sudah dipasang, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan geocell. Kemudian pemasangan Geocell ditempatkan di area yang akan dipasang, dan pada bagian tepinya dipasangi patok sebagai pengunci sementara sebelum proses penimbunan. Regangkan geocell secara maksimum, pastikan panel diperluas secara merata dan selaras. Setelah itu, lakukan penyambungan antara geocell menggunakan cable ties atau metode lainnya.

4. Pengisian Material

Untuk langkah selanjutnya yaitu dengan mengisi geocell menggunakan material seperti pasir atau gravel. Pengisian geocell bisa bisa dilakukan secara manual atau memanfaatkan alat seperti loader front-end, dump truck, backhoe atau sistem konveyor. Pastikan setiap panel terisi dengan sempurna, bila perlu sampai melimpahi sel sedikit agar memungkinkan konsolidasi.

Demikian ulasang terkait dengan penggunaan geocell dan geotextile pada proyek pembuatan dan perawatan haul road atau jalan akses tambang agar lebih kuat tahan lama. Untuk kebutuhan material Geocell, Geotextile dan material geosintetik lainnya, silahkan menghubungi kami CV. Mutu Utama Geoteknik melalui tim Marketing Engineering kami dihalaman kontak kami. Terima kasih

geocell untuk jalan akses tambang

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?