Peningkatan Jalan Dengan Geogrid untuk Perkuatan dan Stabilisasi

Peningkatan Jalan Dengan Geogrid untuk Perkuatan dan Stabilisasi

Bagikan Artikel Ini:

Peningkatan jalan dengan Geogrid berfungsi untuk Perkuatan (Reinforcement), Peninggian tanah (Embankment), Lapis ulang aspal (Asphalt overlay), Pengontrol erosi (Erosion control). Simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Mengenal apa itu Geogrid

Geogrid adalah lembaran sintetis dari bahan polymer berbentuk jaring (Grid) yang nempunyai kekuatan tarik yang tinggi. Bahan dasar yang digunakan adalah Heavy Duty Polyethylene merupakan bahan yang tahan pengaruh kimiawi, mikrobiologi yang urnumnya terdapat didalarn tanah.

Dikutip dari halaman produk Geogrid CV. Mutu Utama Geoteknik, Geogrid terdiri dari tiga jenis bentuk yaitu Geogrid dengan lubang persegi panjang, Geogrid dengan lubang berbentuk persegi dan Geogrid dengan lubang berbentuk segitiga.

Sebagai informasi, jika Anda membutuhkan pengadaan material Geogrid dari kami CV. Mutu Utama Geoteknik, silahkan menghubungi tim Marketing Engineering kami melalui Whatsapp / Telp/  Email melalui halaman kontak kami.

jual geogrid

Fungsi Geogrid untuk Proyek Peningkatan Jalan

Pada proyek pembangunan, perbaikan dan perkuatan jalan dibutuhkan teknologi khusus yang dapat menjadi solusi terbaik sebagai material untuk mengatasi berbagai permasalahan jalan. Salah satu teknologi yang bisa digunakan saat ini yaitu penggunaan Geogrid sebagai material perkuatan pada strukstur lapisan jalan.

Apas saja fungsi Geogrid untuk jalan, berikut informasi selengkapnya yang kami kutip dari halaman Simantu Kementrian PUPR.

1. Peninggian tanah (embankment)

Peninggian tanah yang dimaksud yaitu yaitu sebagai lapisan pemisah dan penulangan tanah pada konstruksi peninggian tanah diatas tanah dasar yang lunak.

2. Perkuatan sisi lereng (reinforcement)

Geogrid digunakan sebagai material perkuatan sisi lereng untuk sebagai penulangan tanah dengan cara berlapis di dalarn tanah untuk memperoleh konstruksi lereng yang lebih curam.

Geogrid dipergunakan sebagai konstruksi penulangan tanah pada konstruksi seperti dinding penahan tanah,lereng yang curam,sebagai blok dinding penahan tanah dan lereng serta mencegah kelongsoran lereng. Konstruksi penulangan tanah disini maksudnya adalah dengan membuat lapisan – lapisan tanah yang dibungkus geogrid untuk memperoleh suatu konstruksi kornposit.

3. Lapis ulang aspal (asphalt overlay)

Material geogrid juga digunakan untuk material perkuatan pada perkuatan dibawah lapis ulang aspal untuk mencegah keretakan bahan ataupun perambatan retak.

4. Pengontrol erosi (erosion control)

Penggunaan Geogrid pada struktur jalan berfungsi untuk  lapisan pemisah pada konstruksi rip-rap untuk reklamasi pada struktur kelautan dan daerah aliran sungai.

Artikel Terkait

Hubungi kami
Halo saya Dhany,
Ada yang bisa kami bantu?